Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uskup Agung Jakarta: Toleransi Saja Tidak Cukup

Usai pimpin Misa Natal, Jumat (25/12/2015), Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo memberikan pesan natal kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 25 Desember 2015  |  13:40 WIB
Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharya (tengah) - Muhammad Khadafi
Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharya (tengah) - Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA-- Usai pimpin Misa Natal, Jumat (25/12/2015), Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo memberikan pesan natal kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Suharyo menyebutkan dalam keanekaragaman latar belakang di Indonesia, toleransi saja tidak cukup.

"Karena toleransi seperti tidak ambil pusing. Maka pesan gereja adalah hidup bersama seperti keluarga untuk saling menghargai, menghormati, dan mencintai," ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa sejarah bangsa ini telah mengajarkan pentingnya persatuan dan kesatuan. Tokoh-tokoh pendiri bangsa juga telah membuat landasan untuk dikembangkan dan dipelihara. Hingga lahirnya rumusan pancasila yang seharusnya jadi kunci untuk hidup harmoni di tengah keanekaragaman latar belakang, baik agama maupun suku.

"Kalau tetap ingin bersatu dasarnya jelas," ujarnya.

Senada dengan pesan natal tersebut, saat ini Forum Kerukunan Umat Beragama DKI Jakara tengah memprakarsai Sekolah Agama dan Bina Damai. Di mana beberapa orang muda dari berbagai agama dikumpulkan untuk hidup bersama selama lima hari. Tujuannya bukan hanya saling mengenal dari segi agama, tapi juga secara personal. Progran tersebut rencananya akan diperpanjang hingga 6 bulan.

Dalam pesan natalnya, Suharyo juga menyampaikan selamat natal kepada seluruh umat yang merayakan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang menjamin kebebasan beribadah warga indonesia.

"Dengan tulus dan sederhana, saya ucapkan terima kasih," kata Suharyo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

natal
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top