Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wabah Hepatitis A di IPB, 15 Mahasiswa Dirawat di Rumah Sakit

Terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A yang merebak di lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), mahasiswa menjadi korban.
Virus hepatitis A/webmd
Virus hepatitis A/webmd

Kabar24.com, JAKARTA -- Terkait kejadian luar biasa (KLB) hepatitis A di lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), mahasiswa menjadi korban.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Yonny Koesmaryono menuturkan, saat ini masih 15 mahasiswa dirawat karena penyakit hepatitis A. Rinciannya, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi dan dua orang lainnya di Rumah Sakit Medika Dramaga.

"Kami juga melakukan pencegahan supaya virus ini tidak menyebar lagi. Salah satu caranya melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor. Akan dilakukan sosialisasi kebersihan kepada pedagang, baik di dalam maupun di lingkungan lingkar kampus," ucapnya dalam keterangan pers, Sabtu (12/12/2015).

Dikatakan, biaya pengobatan mahasiswa yang terjangkit hepatitis A akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak kampus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit & Kesehatan Lingkungan Dinkes Kabupaten Bogor, Kusnadi menambahkan, penetapan KLB lantaran termasuk kejadian yang belum pernah ada serta peningkatan jumlah penderita dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Kalau wabah kesannya korbannya banyak sekali dan menimbulkan malapetaka. Pada kasus ini kan segera ditangani dan ada upaya preventifnya," katanya.

Dia menerangkan, pencegahan yang paling mudah yakni dengan menjaga kebersihan. Penyakit hepatitis A ini akan sembuh sendiri meski banyak gejalanya.

"Tapi tetap harus dirawat di rumah sakit untuk memastikan penderitanya tidak menularkan penyakitnya ke orang lain. Sebab, penularannya memang mudah dan cepat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper