Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alibaba Beli Koran "South China Morning Post"

Raksasa internet China, Alibaba Group Holding Limited membeli kepemilikan perusahaan media Hongkong South China Morning Post (SCMP).
South China Morning Post/scmp
South China Morning Post/scmp

Bisnis.com, JAKARTA – Raksasa internet China, Alibaba Group Holding Limited membeli kepemilikan perusahaan media Hong Kong South China Morning Post (SCMP).

Harga penjualan koran umum tersebut tidak dicantumkan. Namun, berdasarkan Reuters, market value SCMP berkisar US$ 392 juta.

Joe Tsai, Wakil Ketua Eksekutif Alibaba Group mengatakan, pihaknya tertarik membeli SCMP karena koran tersebut menyajikan informasi mengenai China yang komperhensif dengan bahasa inggris.

“Cakupan tersebut sangat diminati pembaca global yang ingin memahami ekonomi terbesar kedua di dunia, katanya, seperti dikutip BBC News, Sabtu (12/12/2015).

Dalam sebuah surat kepada pembaca, Tsai mengatakan, “Kami melihat kesempatan yang sempurna untuk mengkawinkan teknologi kami dengan warisan yang mendalam dari SCMP untuk menciptakan visi berita dalam era digital.”

Robin Hu, Chief Executive dari SCMP, mengatakan, menyambut komitmen Alibaba untuk berinvestasi.

"Dengan keahlian yang telah terbukti terutama di mobile internet, kami akan memanfaatkan teknologi untuk membuat konten lebih efisien dan menjangkau khalayak global."

Nantinya, Alibaba akan menghapus paywall dari website itu, sehingga isinya bisa diakses secara gratis.

Perusahaan media itu didirikan pada tahun 1903, tetapi keuntungan dan penjualan dalam beberapa tahun terakhir tercatat menurun seperti halnya yang terjadi di surat kabar berbagai negara.

Adapun, kesepakatan itu juga mencakup lisensi sejumlah media lainnya, yakni Elle, Cosmopolitan dan Harper Bazaar edisi Hongkong.

Setelah kabar itu diumumkan, saham Alibaba yang tercatat di New York berakhir turun 5,4% dari posisi sebelumnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Nancy Junita
Sumber : bbc news

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper