Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL FREEPORT: Jokowi Dapat Masukan dari Kejagung & Kapolri

Menteri ESDM Sudirman Said/Antara-Widodo S. Jusuf
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara-Widodo S. Jusuf

 

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat masukan dari Jaksa Agung dan Kapolri terkait penegakan hukum dari rekaman pembicaraan Maroef Sjamsoeddin, Riza Chalid, dan Setya Novanto.

Sudirman Said, Menteri Nergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan Presiden telah mendapat masukan dan pertimbangan dari Jaksa Agung dan Kapolri terkait masalah yang terkait dengan rekaman pembicaraan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, Riza Chalid, dan Ketua DPR Setya Novanto. 

“Mengenai penegakan hukum, tentu beliau [Presiden Jokowi] mendapat masukan dari Jaksa Agung dan juga Kapolri, dan saya tidak akan menyentuh itu,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Sudirman menuturkan selama ini Presiden memang terus memantau proses persidangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), baik secara langsung maupun berdasarkan laporan dari jajarannya.

Meski demikian, hingga kini Presiden belum mengeluarkan arahan spesifik terkait kasus tersebut. Presiden hanya menyampaikan agar penyelesaian kasus tersebut terus dilanjutkan, untuk mendidik masyakat terkait persoalan etika.

Presiden sebelumnya juga mengapresiasi sikap MKD yang melakukan persidangan etik secara terbuka. Hal itu dipercaya dapat membantu MKD keluar dari tekanan dan intervensi yang dilakukan pihak-pihak tertentu, karena diawasi langsung oleh masyarakat.

Proses tersebut kemudian dapat dijadikan salah satu untuk mendidik masyarakat terkait kepatutan, sehingga dapat terus mendorong perubahan.

Sudirman sendiri telah menyatakan komitmennya untuk memberikan keterangan kepada pihak mana pun yang memerlukannya. Pasalnya, yang dilakukannya saat ini berkaitan langsung dengan tugasnya sebagai penanggung jawab sektor ESDM di dalam negeri.

Dia juga menyebutkan komunikasi yang dilakukan dirinya dengan Dirut PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin sama dengan hubungan dengan pimpinan perusahaan lain yang memiliki kepentingan dengan Kementerian ESDM.

Dirinya bahkan telah meminta kepada seluruh pimpinan perusahaan untuk segera melaporkan situasi terkini dari setiap kejadian yang dialaminya dalam melakukan usahanya di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper