Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dosen ITB Teliti Bahan Alam Indonesia untuk Membuat Antivirus Inluenza

Josen Farmasi ITB, Dr. rer nat Aluicia Anita Artarini, 34, akan meneliti bahan alam Indonesia untuk membuat anti virus Influenza, karena lebih ekonomis dan dapat diterapkan di Indonesia.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA --  Dosen Farmasi  ITB, Dr. rer nat Aluicia Anita Artarini, 34,  akan meneliti bahan alam Indonesia untuk membuat anti virus Influenza, karena lebih ekonomis dan dapat diterapkan di Indonesia.
Peneliti perempuan berprestasi ini akan melakukan penelitian  tersebut dengan judul Pengembangan Sistem Reporter dengan Deteksi Kolorimetri untuk Skrining Kandidat Inhibitor RNA Polimerase Virus Influenza”.

Melalui proposal penelitian tersebut pula, doktor jebolan Max Planck Institut, Berlin,  Jerman itu mendapatkan penghargaan L’Oreal-UNESCO for Women in Science 2015 dengan hadiah senilai Rp80 juta untuk melakukan penelitian tersebut.

Pada tahun 2015, Aluicia melakukan penelitian terhadap ekpresi HBxT118N dari Virus Hepatitis B bila dibandingkan dengan kanker hati terkait ekpresi HBxK130M/V131l. Selain itu, dia juga mengambil bagian dalam penelitian kristalisasi superoksida dismutase dari Staphylococcus equorum sebagai pengembangan pertama sebagai protein terapeutik. Dia menerbitkan penelitiannya pada layar RNAi genome yang mengindetifikasi faktor penting manusia untuk replikasi virus influenza pada tahun 2010.

Aluicia yang berdarah Klaten itu  mendapatkan gelar Master dari Charité Universitatsmedizin, Berlin dan menyelesaikan studi doktoralnya di Max Planck Institut, Berlin di bidang infeksi biologi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper