Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUU MINOL : Pemerintah dan DPR siap bersinergi

Pemerintah dan DPR bersinergi menggulirkan pembahasan Rancangan Undang Undang Minuman Alkohol untuk memastikan peredaran produk nirkualitas dan konsumsinya dapat lebih dikendalikan.
Ilustrasi/Hereandnow
Ilustrasi/Hereandnow

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah dan DPR bersinergi menggulirkan pembahasan Rancangan Undang Undang Minuman Alkohol untuk memastikan peredaran produk nirkualitas dan konsumsinya dapat lebih dikendalikan.

Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang Undang Minuman Alkohol Muhamad Arwani Thomafi mengatakan pihaknya menanti daftar inventaris masalah (DIM) resmi dari pemerintah agar pembahasan apa saja yang diatur dapat diperdalam.

“Poin penting dari rapat kerja kali ini, pemerintah dan DPR sepakat bahwa pengendalian minuman beralkohol perlu lebih dikendalikan. Pemerintah merasa peraturan yang sudah ada, belum dapat bekerja maksimal,” tuturnya seusai Rapat Kerja RUU Minol, Rabu (25/11).

Menurutnya, dengan kesamaan visi pemeritnah dan pihaknya dalam meningkatkan pengawasan minuman beralkohol tak mustahil beleid ini akan rampung pada tiga tahun masa sidang.

Dia mengatakan beleid tersebut tidak hanya bicara pengenai pengawasan produksi, tetapi juga menyentuh distribusi, konsumsi hingga pencualian peraturan ditingkat daerah.

“Semua aspek yang berhubungan dengan masyarakat akan dibahas, semua kepentingan setiap sektor tetap dipertimbangkan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pihaknya sepakat bahwa minol harus dikendalikan. Hanya saja, terkait kepentingan industri dan pariwisata memerlukan kajian tersendiri.

“Tidak hanya Kemenperin yang mengeluarkan kajian, kementerian lain juga. Saya menganggap undang undang ini prioritas,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper