Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xinjiang Bergolak, Pasukan China Bunuh 17 Orang

Pasukan keamanan China di wilayah bergolak Xinjiang membunuh 17 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, dengan tuduhan terlibat dalam serangan di tambang batu bara, yang menewaskan sedikit-dikitnya 50 orang, kata Radio Free Asia pada Rabu (18/11/2015).
Presiden China Xi Jinping memeriksa pasukan militer saat memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua, di Beijing, China (3/9/2015)./Reuters-Damir Sagol
Presiden China Xi Jinping memeriksa pasukan militer saat memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua, di Beijing, China (3/9/2015)./Reuters-Damir Sagol

Bisnis.com, BEIJING --  Pasukan keamanan China di wilayah bergolak Xinjiang membunuh 17 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, dengan tuduhan terlibat dalam serangan di tambang batu bara, yang menewaskan sedikit-dikitnya 50 orang, kata Radio Free Asia pada Rabu (18/11/2015).

Radio Free Asia, mengutip keterangan polisi Xinjiang, mengatakan 17 orang terbunuh itu adalah tersangka penyerangan, termasuk tiga pria, yang diyakini pemimpin kelompok serta anggota keluarga mereka.

Seruan agar pemerintah Xinjian segera memberikan pernyataan atas peristiwa tersebut belum ditanggapi.

"Saya mendengar dari rekan, yang ikut dalam operasi, bahwa militer meledakkan gua tempat para tersangka itu bersembunyi," kata petugas polisi Xinjiang, Ghalip Memethe.

"Itu sebabnya kami mampu membunuh mereka semua tanpa ada satu pun korban dari pihak kami. Sebanyak 17 mayat dikumpulkan setelah ledakan tersebut," kata Memethe menambahkan.

Pada Sabtu, laman media pemerintah menerbitkan foto dari Kementerian Keamanan Umum Tiongkok, yang menggambarkan polisi bersenjata pengemban tugas 56 hari untuk membasmi pegaris keras Xinjiang itu, meskipun tidak disebutkan rincian sasaran, hanya menjelaskan bahwa seluruh tersangka tewas.

Beberapa laporan tersebut kemudian dihapus dari internet.

Radio Free Asia mengatakan laporan-laporan tersebut tampaknya merujuk pada operasi untuk menemukan tersangka serangan di tambang batu bara.

Ratusan orang tewas dalam kerusuhan di Xinjiang yang merupakan tempat tinggal sebagian besar Muslim Uighur dan di wilayah-wilayah lain di Tiongkok dalam tiga tahun terakhir. China menyalahkan militan Islam atas kekerasan tersebut.

China meminta masyarakat internasional untuk membantu upaya perlawanan terhadap militan Xinjiang menyusul serangan di Paris dimana kelompok bersenjata ISIS mengaku bertanggungjawab.

Pemerintah belum memberikan pernyataan publik terkait serangan pada 18 September di tambang batu bara Sogan di Aksu yang sebagian besar korbannya adalah anggota mayoritas Han. Menurut laporan Radio Free Asia, polisi China menyalahkan kelompok separatis yang menyerang dengan menghunuskan pisau.

Kementerian Keamanan Publik China belum memberikan komentar terkait hal tersebut. Mengingat pemerintah seringkali memberikan rincian informasi kekerasan di Xinjiang, menjadi tidak biasa ketika mereka tidak melaporkan apapun tentang insiden tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China , satu-satunya departemen pemerintah yang secara rutin menjawab pertanyaan dari wartawan asing, mengaku tidak tahu menahu tentang laporan kekerasan di tambang batu bara itu.

Kelompok hak asasi mengatakan kekerasan di Xinjiang lebih disebabkan kebencian kaum Uighur terhadap kendali China atas agama dan budaya, daripada keterlibatan mereka dalam kelompok militan tergalang.

China dengan tegas membantah pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan mengatakan bahwa masyarakat di wilayah tersebut terpengaruh kelompok keras dan pemberontak.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper