Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Alih Teknologi Cerita Rakyat

Banyaknya karya cerita rakyat modern yang diciptakan oleh generasi emas penerus bangsa dinilai sia-sia jika tidak dipublikasikan secara luas.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan pentingnya publikasi secara global cerita rakyat modern hasil karya anak bangsa.
Ilustrasi/timeshighereducation
Ilustrasi/timeshighereducation

Kabar24.com, JAKARTA -- Banyaknya karya cerita rakyat modern yang diciptakan oleh generasi emas penerus bangsa dinilai sia-sia jika tidak dipublikasikan secara luas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan pentingnya publikasi secara global cerita rakyat modern hasil karya anak bangsa.

"Cerita rakyat ini kan pasti mengandung nilai moral yang baik di kehidupan, seharusnya bisa dibaca semua orang," kata Anies usai kegiatan Pengumuman Pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat di Gedung D Dikti, Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Untuk itu, Anies merekomendasikan cerita rakyat dibentuk soft file dan dipublikasikan melalui media elektronik.

"Saat ini masyarakat lebih sering membaca melalui media elektronik. Dengan teknologi yang semakin maju, maka cerita rakyat dapat lebih terpublikasi dan dibaca banyak orang," ujar mantan rektor univerisitas paramadina itu.

Cerita rakyat asli Indonesia juga dapat mendunia dengan dibuatkan dalam berbagai bahasa.

"Setelah ini semua cerita rakyat karya anak bangsa ini harus di translate ke berbagai bahasa untuk menginspirasi banyak orang di dunia," tuturnya.

Untuk menduniakan cerita rakyat asli Indonesia, perlu diperbanyak penerjemah dari Indonesia yang handal berbahasa asing. Selain itu, perlu di adanya penguatan teknologi komunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper