Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Retno: RI-Denmark Tingkatkan Kerja Sama 4 Sektor Ini

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Denmark Kristian Jensen di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, di mana kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Oktober 2015  |  13:29 WIB
Menlu Retno: RI-Denmark Tingkatkan Kerja Sama 4 Sektor Ini
Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Rabu (15/4/2015). - JIBI/Akhirul Anwar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Denmark Kristian Jensen di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, di mana kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara.

"Ini adalah kunjungan pertama dari teman saya, (Menlu Denmark) Kristian Jensen ke Indonesia. Terakhir kali saya bertemu dengan Jensen di New York," kata Menlu Retno, Kamis (22/10/2015).

Menurut Retno, dalam pertemuan bilateral itu dia dan rekannya Menlu Denmark fokus membahas empat isu utama, yaitu tentang kerja sama di bidang maritim, dialog antaragama, energi, dan pendidikan.

"Kami akan berupaya memperkuat kerja sama di bidang maritim, mulai dari konektivitas, pelabuhan, infrastruktur, hingga pengembangan budidaya perikanan. Untuk bidang energi, kami upayakan kerja sama terutama energi yang dapat diperbarui," ujar dia.

Sementara itu, dalam bidang pendidikan, kedua negara sepakat untuk menjalin kerja sama pendidikan perguruan tinggi. Indonesia bekerjasama dengan 14 universitas di Denmark.

Pada kesempatan itu, Menlu Denmark Kristian Jensen menyampaikan bahwa kunjungannya bersama Ratu Denmark Margrethe II ke Indonesia bertujuan untuk mempererat kemitraan antar kedua negara.

"Kita (Denmark dan Indonesia) adalah negara yang terkait satu sama lain di dunia internasional. Kita adalah negara maritim dan kita bisa belajar satu sama lain," kata Jensen.

Menurut dia, Denmark belajar banyak dari Indonesia dalam meningkatkan pelaksanaan kegiatan dialog antar-umat beragama. Menlu Jensen menyatakan rasa senang karena berkesempatan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan beberapa pemimpin agama.

"Untuk bidang pendidikan, saya pikir Denmark bisa menjadi mitra yang baik bagi Indonesia dalam pendidikan. Kami melihat Indonesia juga mempunyai pendidikan yang luar biasa," ujar Menlu Denmark itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denmark

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top