Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI SMRC: Keyakinan Masyarakat Terhadap Presiden Jokowi Masih Tinggi

Tingkat keyakinan masyarakat terhadap kemampuan Presiden Jokowi dalam memimpin bangsa saat ini masih tinggi.
Presiden Joko Widodo/Reuters
Presiden Joko Widodo/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo alias Jokowi dinilai masih memiliki kemampuan untuk memimpin Indonesia.

Hal itu dinyatakan Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting terkait satu tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Lembaga survei SMRC menyatakan tingkat keyakinan masyarakat terhadap kemampuan Presiden Jokowi dalam memimpin bangsa saat ini masih tinggi.

Berdasarkan survei yang dilakukan SMRC pada 6-13 Oktober 2015 terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas secara random, sebanyak 62% responden masih meyakini kemampuan Jokowi, sedangkan 29% menyatakan ragu.

"Keyakinan masyarakat cukup baik. Meskipun keyakinan ini tidak setinggi ketika Jokowi dilantik," jelas Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan dalam presentasi hasil survei di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Dia mengatakan, tingginya tingkat keyakinan publik diikuti tingginya tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Jokowi yakni sebesar 51,7% responden. Sedangkan yang menyatakan tidak puas sebesar 45,4%.

Kepuasan terhadap Jokowi terlihat di kalangan rakyat kecil yang berpendidikan lebih rendah, berpendapatan lebih rendah, dan tinggal di desa.

"Tingkat kepuasan di pedesaan cenderung positif sebesar 59% responden, sedangkan di perkotaan cenderung negatif 43%," jelas Djayadi.

Menurut Djayadi Hanan, ada sejumlah langkah pemerintah Jokowi yang diapresiasi tinggi oleh publik antara lain di bidang pendidikan 73%, layanan kesehatan 72% dan pembangunan jalan raya 66%.

Namun di sisi lain ada penilaian negatif masyarakat terhadap masalah lain seperti dalam upaya mengurangj jumlah pengangguran, upaya mengurangi jumlah orang miskin, serta upaya menjaga harga kebutuhan pokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper