Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaksa Agung: Praperadilan Sudah Seperti Komoditas

Jaksa Agung H.M Prasetyo menyebut langkah yang ditempuh melalui jalur praperadilan saat ini ibarat menjadi sebuah komoditas yang dapat diperjualbelikan.
Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo.
Pelantikan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Kabar24.com, JAKARTA - Jaksa Agung H.M Prasetyo menyebut langkah yang ditempuh melalui jalur praperadilan saat ini ibarat menjadi sebuah komoditas yang dapat diperjualbelikan.

"Praperadilan sekarang sebagai sebuah komoditas. Ada yang beli ada yang jual," ujarnya di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Munculnya praperadilan sebagai sebuah komiditas itu menurut Jaksa Agung merupakan tantangan bagi aparat penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK untuk mengantisipasi hal tersebut.

Terkait jalur praperadilan yang menyatakan penggeledahan PT Victoria Securities Indonesia (PT VSI), pihaknya mengaku siap menghadapi jalur hukum apapun yang ditempuh oleh PT VSI.

"Kita akan jalan terus tidak akan membuat kita mundur," katanya.

Sebelumnya, Hakim tunggal Achmad Rifai menyatakan penggeledahan di kantor PT VSI di Panin Tower Jl. Asia Afrika dan kantor Victoria Securities di Panin Tower Senayan City yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Agung, tidak sah.

Hakim menilai izin penggeledahan yang diberikan hanya di dua tempat yaitu di kantor PT VSI di Senayan City lantai ke-9 dan kantor Victoria Securities Jl. Asia Afrika, tetapi Kejaksaan Agung juga melakukan penggeledahan di tempat lain.

Selain itu, semua barang bukti yang telah disita oleh Kejagung diminta untuk dikembalikan kepada PT VSI karena dianggap tidak dapat dijadikan barang bukti untuk pemeriksaan. Namun, hakim menolak permohonan ganti rugi yang diajukan PT VSI sebesar Rp2 triliun kepada Kejaksaan Agung karena PT VSI tidak secara gamblang dan merinci letak kerugian yang dialami saat penggeledahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper