Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya Luncurkan Peta Batik Indonesia

Sambut Hari Batik Nasiona, Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya Luncurkan Peta Batik Indonesia
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 01 Oktober 2015  |  06:11 WIB
Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya Luncurkan Peta Batik Indonesia
Batik Lasem, Batik Cirebon. -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menjelang peringatan Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, Bandung Fe Institute bersama Sobat Budaya meluncurkan aplikasi Peta Batik Indonesia. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan pengguna iOS.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Rabu (30/9/2015), Sobat Budaya telah melakukan proses pendataan budaya selama sembilan tahun terakhir. Melalui situs www.budaya-indonesia.org, telah terdokumentasikan setidaknya 5.849 motif batik, yang tersebar dari Aceh hingga ke Papua.

Sementara itu, Bandung Fe Institute, sebagai lembaga penelitian kompleksitas  sosial di Indonesia berinisiatif untuk melakukan pemetaan terhadap keragaman batik yang ada di Indonesia.

Proses pemetaan dilakukan dengan mengabungkan pendekatan matematika fraktal, ilmu komputasi warna dan kajian biologi evolusioner. Struktur geometris dari setiap motif batik diukur melalui pendekatan matematika fraktal, sedangkan pola karakteristik warna motif batik dikaji melalui pendekatan komputasi warna.

Parameter-parameter yang diperoleh dari hasil perhitungan tersebut kemudian dianalisis melalui pendekatan pohon evolusi yang berkembang dalam kajian biologi evolusioner. Parameter bentuk geometris dan pola warna motif batik diolah sebagai sekuen-sekuen informasi, seperti urutan DNA dalam struktur biologis. Dri rangkaian penelitian panjang tersebut akhirnya lahirlah Peta Batik Indonesia yang merepresentasikan perkembangan dan kekerabatan motif-motif batik di Indonesia.

Peta Batik Indonesia itu sendiri memiliki beberapa fungsi. Pertama, peta ini dapat menjadi metode yang terukur dalam melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia. Kedua, dapat menjadi alat bantu dalam mengindentifikasikan motif batik yang tidak diketahui secara jelas asal usulnya.

Terakhir, peta ini memiliki fungsi edukasi. Masyarakat dapat menggunakannya untuk melihat deskripsi detail dari sebuah motif batik dan pola kekerabatannya dengan motif batik yang lain. 

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan iOS. Para pengguna Android dapat mengaksesnya http://tiny.cc/androidBatik. Sementara itu para pengguna dapat mengunduhnya di http://tiny.cc/iOSBatik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top