Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Sedang Diusut Kausu Pidana, Blatter Tak Akan Mundur

Sepp Blatter mengatakan tidak akan mundur dari jabatan Presiden FIFA walau menghadapi penyelidikan pidana dari Kejaksaan Swiss.
Sepp Blatter/Reuters
Sepp Blatter/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Sepp Blatter mengatakan tidak akan mundur dari jabatan Presiden FIFA walau menghadapi penyelidikan pidana dari Kejaksaan Swiss.

Pria berusia 79 tahun itu dituduh menandatangani kontrak yang 'tidak menguntungkan bagi FIFA' dan melakukan 'pembayaran untuk mendapat kesetiaan' kepada pejabat FIFA, Michel Platini.

Blatter yang sudah menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA bulan Februari 2016 mengatakan dia tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum atau tindakan yang tidak tepat.

Sementara Platini sudah mengirimkan surat ke para anggota UEFA untuk membantah tuduhan atasnya di tengah desakan untuk menjelaskan pembayaran sebesar £1,3 juta atau sekitar Rp42,4 miliar dari FIFA.

Dalam pernyataan yang dibacakan para pengacaranya, Blatter mengatakan pembayaran kepada Platini pada tahun 2011 itu merupakan kompensasi yang sah dan tidak lebih dari itu sebagimana dikutip BBC.co.uk, Selasa (29/9/2015).

Kedua tokoh sepak bola itu juga menghadapi penyelidikan dar Komite Etik FIFA terkait pembayaran itu. Menurut Platini bayaran itu untuk pekerjaannya sebagai penasehat teknis untuk Blatter pada tahun 1999 hingga 2002.

Badan sepakbola dunia FIFA beberapa waktu belakangan dilanda sejumlah dakwaan korupsi, dan beberapa pejabat serta mantan pejabatnya sudah dituntut oleh pihak berwenang Amerika Serikat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : bbc.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper