Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arab Saudi Tuding Iran Politisasi Tragedi Mina

Meski Iran menuntut Arab Saudi meminta maaf atas Tragedi Mina yang menewaskan 769 jamaah haji, namun Arab Saudi menyatakan bahwa tuntutan negara tersebut lebih bernuansa politis.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 September 2015  |  14:35 WIB
Proses evakuasi korban tragedi Mina - Reuters
Proses evakuasi korban tragedi Mina - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Meski Iran menuntut Arab Saudi meminta maaf atas Tragedi Mina yang menewaskan 769 jemaah haji, namun Arab Saudi menyatakan bahwa tuntutan negara tersebut lebih bernuansa politis.

 "Iran ternyata hanya tahu bagaimana mempolitisasi tragedi yang menimpa orang-orang yang melakukan kewajiban agama paling suci,” ujar Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir  sebagaimana dikutip Arabnews.com, Senin (28/9/2015)

Sebelumnya pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan bahwa Arab Saudi harus meminta maaf kepada keluarga korban, dan tidak mencoba menghindari kesalahan. Dalam daftar korban tewas, jemaah haji Iran memang yang terbanyak, yaitu 155. Diikuti Maroko, dan negara-negara lainnya.

Al jubeir mengatakan pihaknya tidak akan menyembunyikan fakta untuk kepentingan politik terkait tragedi Mina. Jika tragedi itu akibat kesalahan maka kami bertanggung jawab, ujarnya menambahkan.

“Saya berharap pemimpin Iran akan lebih sensitif dan memikirkan nasib para korban dan menunggu hasil penyelidikan,” ujarnya menmabhkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji

Sumber : arabnews.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top