Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi Pembangunan Talud Irigasi, Jokowi Dorong Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Gunakan Dana Desa

Presiden Joko Widodo mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan dengan menggunakan dana desa. Hal itu diyakini bakal menggerakkan ekonomi masyarakat dan menyerap tenaga kerja.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 27 September 2015  |  17:36 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah, bertopi merah) saat meninjau penanaman dan panen padi di Karawang - JIBI/Akhirul Anwar
Presiden Joko Widodo (tengah, bertopi merah) saat meninjau penanaman dan panen padi di Karawang - JIBI/Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan dengan menggunakan dana desa. Hal itu diyakini bakal menggerakkan ekonomi masyarakat dan menyerap tenaga kerja.

"Ini pakai dana desa, bisa menyerap tenaga kerja dan menggerakkan ekonomi," kata Jokowi disela-sela pembangunan talud irigasi di Kampung Kranggan Desa Pulo Kalapa, Lemahabang Wadas Karawang Jawa Barat, Minggu (27/9/2015).

Presiden mengunjungi pembangunan talud yang dikerjakan langsung oleh warga setempat. Lokasinya berada di tengah kampung, bahkan untuk mengakses ke lokasi hanya bisa dilakukan dengan jalan kaki atau sepeda motor.

Kampung Kranggan dikelilingi hamparan sawah dengan tanaman padi siap panen. Saluran irigasi utama di kawasan ini cukup bagus. Di saat musim kemarau seperti ini aliran air cukup melimpah untuk kebutuhan areal persawahan.

Jokowi didampingi oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, Mensesneg Pratikno, Mentan Amran Sulaiman, Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Menteri Marwan Jafar mengatakan dana desa bermanfaat untuk membangun infrastruktur desa seperti jalan desa dan irigasi desa. Dengan pembangunan ini diharapkan bisa memperkuat dan menggairahkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Dengan adanya dana desa, desa-desa akan lebih bergerak lagi ekonominya dan masyarakatnya menjadi bergairah. Dana desa bisa menyerap tenaga kerja dan bisa menampung PHK," jelasnya. 

Marwan menambahkan dana yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Desa Pulo Kalapa tersebut mencapai Rp119 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dana desa
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top