Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misteri Kerangka Tubuh Diduga Mona Lisa

Peneliti di Italia mereka menemukan fragmen tulang yang diduga milik perempuan yang diabadikan Leonardo da Vinci dalam lukisan Mona Lisa.
Lukisan Mona Lisa/Reuters
Lukisan Mona Lisa/Reuters

Kabar24.com, ROMA- Peneliti di Italia mereka menemukan fragmen tulang yang diduga milik perempuan yang diabadikan Leonardo da Vinci dalam lukisan Mona Lisa, seperti yang diberitakan Reuters.

Tetapi, keterbatasan teknologi membuat mereka belum yakin apakah yang mereka temukan merupakan kerangka dari Lisa Gherardini, yang diduga dilukis Leonardo dan juga istri dari pedagang sutra dari Florence, Francesco del Giocondo.

Mona Lisa, yang dalam bahasa Italia disebut Gioconda, dipajang di Museum Louvre di Paris, Prancis, merupakan salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Lukisan tersebut menggambarkan seorang perempuan muda dengan senyum yang misterius, tangannya terlipat di pangkuannya.

Meski identitas perempuan tersebut belum jelas, banyak sejarawan yang percaya kerangka tersebut mungkin saja Gherardini dan arkeolog pun mulai mencari jasadnya sejak tiga tahun yang lalu di sebuah biara tempat ia menghabiskan hari-hari terakhirnya.

Mereka juga membuka makam keluarga Giocondo di Florence untuk mencocokkan DNA.

Sejumlah kerangka dibuka namun berdasarkan tes karbon, hanya sekelompok tulang berasal dari abad ke-16, saat Gherardini hidup dan Mona Lisa dibuat.

Kepala Komite Nasional Promosi Sejarah dan Warisan Budaya Italia, Silvano Vincenti, mengatakan dokumentasi situs penguburan dan tes ilmiah membuatnya yakin mereka telah menemukan Gherardini.

"Jika kalian tanya saya secara personal, subjektif, pikir dan rasa, saya yakin kami telah menemukan dia," kata dia.

Pakar lainnya mengatakan tidak yakin melihat kondisi fragmen yang ada.

Giorgio Gruppioni, profesor antropologi dari University of Bologna, mengatakan berdasarkan bukti murni ilmiah, kesempatan mereka menemukan Mona Lisa "jelas tidak besar".

"Apa yang kami harapkan adalah teknik rumit yang dapat mengekstrak dan analisis dan membandingkan DNA untuk meyakinkan secara genetika itu adalah kerangka Lisa Gherardini," kata dia.

Temuan terbaru, Selasa lalu masih kurang dari ahrapan Vincenti saat ia memulai pencarian.

Dua tahun yang lalu, ia berkata berharap untuk menemukan tengkorak Gherardini dan menggunakannya untuk merekonstruksi wajahnya dan membandingkannya dengan lukisan Leonardo da Vinci.

Meski tengkorak tidak ketemu, ia senang dengan apa yang telah dicapai.

"Saya telah melakukan yang terbaik karena saya meyakininya dan hasilnya buat saya menarik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper