Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Palembang Akan bangun pasar Khusus Hewan Kurban

Pemerintah Kota Palembang akan membangun pasar khusus penjualan hewan kurban untuk menertibkan pedagang yang marak berjualan saat momen IdulAdha.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 24 September 2015  |  14:45 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang akan membangun pasar khusus penjualan hewan kurban untuk menertibkan pedagang yang marak berjualan saat momen IdulAdha. Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan rencana pembuatan pasar itu sudah masuk dalam program kerja pihaknya.

“Akan tetapi kami belum bisa memastikan tempatnya. Kami akan cari tempat yang tepat terlebih dulu,” katanya, Rabu (23/9). Dia mengatakan, Palembang akan memiliki pasar khusus kurban yang menyatu dengan Kantor Dinas Pertanian. Harnojoyo menambahkan pemkot membutuhkan lahan sekitar 5 hektare untuk keperluan pembangunan pasar hewan tersebut.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Idul Adha tahun 2015, Pemkot Palembang memperkirakan sedikitnya 2.000 hewan kurban yang akan dipotong. Jumlah itu menurun hingga 50 % jika dibandingkan pada tahun lalu. “Harga daging sekarang memang mahal, makanya penjualan sedikit. Tapi momen IdulAdha bisa dimanfaatkan warga untuk menikmati daging bersama-sama keluarga nanti,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Harrey Hadi menjelaskan, penurunan jumlah orang yang berkurban dipengaruhi melemahnya nilai ekonomi Indonesia. “Tahun kemarin bisa lebih dari 2.000 hewan yang dikurbankan. Kemungkinan tahun ini tidak sampai seperti jumlah seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

idul adha
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top