Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Desa Ini Menjadi Teladan Karena Jamban Sehat

Madri Pani, Kepala Kampung Gurimbang, mengatakan kampung yang dipimpinya merupakan satu-satunya daerah yang seluruh masyarakatnya memiliki jamban.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, BOGOR - Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani mendapatkan penghargaan sebagai kepala desa teladan, setelah melaksanakan program jamban bersih untuk meningkatkan kesehatan masyarakatnya.

Madri Pani, Kepala Kampung Gurimbang, mengatakan kampung yang dipimpinya merupakan satu-satunya daerah yang seluruh masyarakatnya memiliki jamban. Hal itu diperoleh setelah dirinya menggandeng PT Berau Coal Energy Tbk. untuk membangun jamban sehat.

Kampung Gurimbang berada di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Provinsi Kaltim

"Saya mengubah mental masyarakat, dari yang sebelumnya buang air sembarangan, karena pemerintah tidak membantu sepenuhnya penyadaran pentingnya hidup sehat di masyarakat," katanya di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/8/2015).

Dalam melaksanakan programnya, Madri menuturkan dirinya harus menghancurkan jamban yang ada di tepi sungai, agar masyarakat mau menggunakan jamban sehat yang telah dibangun. Dia juga mengatakan harus menyadarkan masyarakat yang selama ini buang air di bawah rumahnya, karena berpotensi memunculkan penyakit.

Menurutnya, selama ini masyarakat di wilayahnya memang kerap terkena penyakit menular yang disebabkan kotoran di bawah rumahnya.

"Selain membangun jamban sehat, kami juga membangun rumah kompos untuk membersihkan lingkungan, dan menciptakan lapangan kerja hang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kepemimpinan Madri sebagai Kepala Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Berau.

Saat ini daerah memerlukan pemimpin yang dapat melaksanakan program di lapangan.

"Indonesia memiliki 74.000 desa, kalau seluruh kepala desa mampu kerja secara nyata, maka persoalan pembangunan kita sudah selesai," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper