Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Guru Perlu Dibekali Keterampilan Teknologi Informasi

Para guru perlu dibekali keterampilan teknologi untuk menghadapi kompetisi kerja di abad 21 dan bersaing dengan lulusan luar negeri.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 24 Juni 2015  |  14:06 WIB
Guru mengajar di kelas. - Antara
Guru mengajar di kelas. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Para guru perlu dibekali keterampilan teknologi untuk menghadapi kompetisi kerja di abad 21 dan bersaing dengan lulusan luar negeri.

"Sebagai ujung tombak pendidikan guru seharusnya dibekali keterampilan teknologi untuk membantu meningkatkan kompetensinya. Karena sekarang semua sudah menggunakan komputer jadi diharapkan guru juga melek teknologi," ujar Konsultan Education Sector Analitycal and Capacity Development Partnership (ACDP), Totok Amin Sufijanto dalam diskusi Persiapan dan Pengembangan Guru di Kemendikbud, Rabu (24/6/2015).

Namun fakta yang terjadi di Indonesia tidak semua guru siap menghadapi era teknologi yang serba canggih.

Terbukti dari uji kompetensi guru yang remaja ini dilakukan dengan menggunakan sistem komputerisasi banyak guru yang gagal karena tidak mengetahui cara mengoperasikan sistem komputer tersebut.

"Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) bisa jadi bias karena kemampuan komputer yang tidak dikuasai guru. Faktanya, Nilai UKG turun seiring bertambahnya usia," ungkapnya.

Hal tersebut dikarenakan kurangnya sumber daya dan keterampilan untuk menerapkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Sekolah tidak memiliki sumber daya untuk menerapkan TIK ke dalam semua mata pelajaran.

Untuk mengajar pun guru belum memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang penggunaan TIK yang efektif serta bagaimana menggunakannya untuk memungkinkan kreativitas dan meningkatkan pembelajaran," katanya.

Untuk membantu meningkatkan kompetensi guru, menurut Totok, dengan memberikan guru kesempatan belajar sambil bekerja menggunakan bahan internet, network guru yang tercipta melalui platform media sosial, menggunakan teknologi telepon selular serta pembelajaran jarak jauh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan guru teknologi informasi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top