Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kongres Dermatologi Dunia, UNS Harumkan Indonesia di Vancouver

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret (FK UNS) berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih penghargaan dalam Kongres Dermatologi Dunia di Vancouver Kanada, 8-12 Juni 2015.
Ilustrasi seleksi masuk mahasiswa/Antara
Ilustrasi seleksi masuk mahasiswa/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret (FK UNS) berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih penghargaan dalam Kongres Dermatologi Dunia di Vancouver Kanada, 8-12 Juni 2015.

"Kami tidak menyangka dipilih dari sebanyak 100 peserta yang berasal berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang hadir dalam ajang tersebut," kata Prof. Dr. dr. Harijono Kariosentono, SpKK(K), FINSDV.

Harijono mengungkapkan dalam ajang itu masing-masing perwakilan perguruan tinggi diminta mengajukan jurnal penelitian berikut poster menyangkut penelitian tersebut.

"Kami pada saat itu mengajukan lima judul jurnal penelitian berikut poster untuk kemudian dipresentasikan, ternyata team juri yang terdiri dari ahli-ahli dermatologi memilih dua jurnal penelitian dan satu poster untuk dijadikan pemenang, kata Harijono.

"Jurnal ini berasal dari anak-anak didik di FK UNS yang tengah mengambil spesialiasi kulit dan kelamin," ujar dia.

Harijono mengatakan sangat bangga atas penghargaan yang telah diberikan dalam ajang tersebut yang menunjukkan UNS khususnya Fakultas Kedokteran telah diakui dunia dalam melakukan inovasi.

Dia menyampaikan FK UNS saat itu mengajukan presentasi mengenai penggunaan sel punca (stem cell) untuk peremajaan kulit.

"Seperti diketahui stemm cell di dunia saat ini masih dalam tahap penelitian. Fakultas Kedokteran UNS sendiri terus mengembangkan penelitian ini agar dapat memberikan manfaat bagi umat manusia," kata Harijono.

Dia berharap meskipun saat ini masih dalam tahap penelitian, penemuan cell punca ini nantinya akan menjadi awal perkembangan teknologi modern kedokteran di Indonesia tidak kalah dibanding negara lain di dunia.

Memang saat ini pemanfaatan sel tersebut baru diuji cobakan kepada hewan dalam hal ini tikus, sejauh ini memiliki hasil yang positif.

Sel punca sendiri didapat dari ari-ari bayi, sum-sum tulang, dan lemak. Kami saat ini tengah meneliti pemanfaatan sel punca yang berasal dari lemak untuk regenerasi kulit manusia, jelas dia.

Tikus yang kita suntikan dengan sel punca dalam kurun waktu tiga sampai empat minggu menunjukkan kepadatan kolagen pada kulitnya, jelas Harijono.

"Semakin mahluk hidup berusia lanjut kepadatan kolagennya semakin berkurang, kalau penelitian ini berhasil akan menjadi terobosan bagi dunia kedokteran," ujar dia.

"Anda bisa bayangkan orang yang yang cacat karena luka bakar dapat disembuhkan dengan pengobatan stemm cell," jelas dia.

Namun untuk uji coba kepada manusia, Harijono mengatakan, perjalanannya masih panjang, masih banyak tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper