Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN LEBARAN: Stasiun Kutoarjo Difokuskan Layani Kereta Jarak Jauh

PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Opersional V Purwokerto akan memfokuskan Stasiun Kutoarjo, di Kabupaten Pruworejo, bagi pelayanan kereta jarak jauh selama masa Lebaran 2015.
PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Opersional V Purwokerto akan memfokuskan Stasiun Kutoarjo, di Kabupaten Pruworejo, bagi pelayanan kereta jarak jauh selama masa Lebaran 2015./JIBI
PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Opersional V Purwokerto akan memfokuskan Stasiun Kutoarjo, di Kabupaten Pruworejo, bagi pelayanan kereta jarak jauh selama masa Lebaran 2015./JIBI

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Opersional V Purwokerto akan memfokuskan Stasiun Kutoarjo, di Kabupaten Pruworejo, bagi pelayanan kereta jarak jauh selama masa Lebaran 2015.

Manager Corporate Communication PT KAI Daop V Surono mengatakan selama angkutan Lebaran pelayanan kereta api jarak jauh dan lokal akan dipisahkan. Hal itu, jelasnya, dilakukan karena terbatasnya fasilitas, seperti area parkir, hall dan ruang tunggu penumpang, yang ada di stasiun saat ini.

Stasiun Kutoarjo, lanjutnya, juga akan difokuskan untuk pelayanan KA jarak jauh selama angkutan lebaran. Langkah tersebut diambil karena pada periode tersebut frekuensi kereta dan jumlah penumpang di stasiun Kutoarjo akan meningkat signifikan.

Apalagi, jelasnya, total ada penambahan 16 KA tambahan yang akan berhenti dan berangkat di stasiun tersebut.

“Pelayanan kereta api jarak jauh dan jarak dekat atau lokal dipisahkan agar pelayanan lebih maksimal dan tidak semrawut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (16/6/2015).

Dampak dari kebijakan tersebut, kata Surono, pihaknya akan memindahkan pelayanan kereta api Pramex dari stasiun Kutoarjo ke stasiun Prembun di Kabupaten Kebumen atau 12 km di barat Kutoarjo.

Pasalnya, dengan volume penumpang Pramex yang mencapai rata- rata 400 orang setiap pemberangkatan, layanan stasiun Kutoarjo dikhawatirkan menurun mengingat pada masa Lebaran jumlah penumpang kereta jarak jauh meningkat pesat.

Pengalihan tersebut, sambungnya, akan dilaksanakan paling lambat mulai H-10 hingga H+10 Lebaran tahun ini. “Kalau digabung dapat menyebabkan keruwetan dan menurunnya pelayanan.”

Untuk memberikan pelayanan maksimal, Surono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa fasilitas tambahan di stasiun Prembun, seperti area parkir, loket penjualan tiket, mushola dan toilet. PT KAI Daop 5, lanjutnya, juga akan menyiapkan tenda untuk menampung penumpang mengingat fasilitas di stasiun Prembun yang ada saat ini relatif masih kecil.

Adapun, Surono menuturkan pengalihan layanan tersebut tidak akan mengurangi frekuensi perjalanan kereta Pramex. Kereta yang melayani rute Kutoarjo-Yogyakarta-Solo tersebut dijdwalkan tetap tiga kali sehari.

Namun, jelasnya, jadwal keberangkatan kereta itu dari stasiun Prembun akan lebih awal 12 menit jika dibandingkan jadwal keberangkatan di reguler di stasiun Kutoarjo. Dia menambahkan penjualan tiket Pramex tetap akan dilakukan pada saat keberangkatan atau go show, tepatnya dua jam sebelum keberangkatan.

“Diharapkan para calon penumpang kereta Pramex selama angkutan Lebaran nanti dapat menyesuaikan. Supaya tidak tertinggal kereta, hendaknya calon penumpang datang lebih awal di stasiun,” kata Surono.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper