Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kesiapan Pangan Jabar: Data Harga Distan dan Koppas Caringin Berbeda

Ada hal menarik dalam rapat koordinasi kesiapan pangan di Jawa Barat yang diadakan Selasa (16/6/2015). Data Dinas Pertanian Jabar dan data yang dihimpun Koperasi Pasar (Koppas) Induk Caringin untuk komoditas cabai merah ternyata berbeda.nn
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 16 Juni 2015  |  18:58 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Kabar24.com, BANDUNG—Ada hal menarik dalam rapat koordinasi kesiapan pangan di Jawa Barat yang diadakan Selasa (16/6/2015).

Data Dinas Pertanian Jabar dan data yang dihimpun Koperasi Pasar (Koppas) Induk Caringin untuk komoditas cabai merah ternyata berbeda.

Merujuk paparan Dinas Pertanian dalam rapat, harga di tingkat sentra produksi atau petani untuk cabai merah berada di level harga Rp20.000/kg dan di tingkat pedagang berada di kisaran harga Rp21.000-Rp22.000/kg.

Namun, berdasarkan data yang dihimpun Koppas Induk Caringin, yang merupakan tempat pasokan untuk pasar di wilayah Jabar, cabai merah tanjung berada pada level harga Rp25.000/kg dan cabai merah TW di harga Rp28.000/kg.

“Pasar-pasar lain di kabupaten/kota ambil barang dari Pasar Caringin, sehingga harganya jadi patokan. Tetapi tentu, harga ke tangan konsumen, [untuk cabai] bisa menjadi sekitar Rp40.000 karena ada biaya distribusi dan susut yang harus ditanggung pedagang,” tuturnya.

Berdasarkan data dari Portal Informasi Harga Pangan (www.priangan.org), harga cabai merah berada di level Rp48.000/kg per 16 Juni 2015. Sementara daging sapi dan ayam masing-masing menyentuh harga Rp98.200/kg dan Rp33.400/kg.

Harga tersebut sesuai dengan data yang dimiliki Koppas Induk Caringin, di mana harga daging sapi mengalami lonjakan kenaikan cukup siginikan dari sebelumnya berada pada kisaran Rp88.000/kg.

Adapun rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut atas surat Menteri Dalam Negeri No.500/2419/SJ tanggal 12 Mei 2015 terkait stabilitas pangan dan inflasi jelang Ramadan dan Lebaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cabai merah tpid jabar
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top