Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI, Jabar, dan Banten Sepakat Redam Inflasi

Bisnis.com, BANDUNG—Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dari Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta memperkuat kerja sama dalam upaya meredam inflasi dengan melakukan monitoring, koordinasi, dan memberikan rekomendasi terkait berbagai program kegiatan

Bisnis.com, BANDUNG—Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dari Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta memperkuat kerja sama dalam upaya meredam inflasi dengan melakukan monitoring, koordinasi, dan memberikan rekomendasi terkait berbagai program kegiatan pengendalian harga.

TPID dari ketiga provinsi merumuskan langkah-langkah strategis jangka pendek maupun panjang dalam mengendalikan inflasi di ketiga wilayah pada Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Serpong, Tangerang Selatan, yang digelar hingga Jumat (12/7/2013) pekan lalu.

Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VI Dian Ediana Rae selaku Dewan Pengawas TPID atau Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jabar mengatakan TPID mendorong pemerintah pusat untuk mengambil kebijakan yang diperlukan guna menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pasokan pangan bagi masyarakat.

“TPID di ketiga provinsi juga akan meningkatkan upaya pengelolaan inflasi melalui berbagai media,” ujarnya, Minggu (14/7/2013).

Selain itu, TPID di ketiga provinsi juga merekomendasikan pemberian insentif transportasi selama berlangsungnya gejolak, serta mengelola kebijakan pemerintah daerah yang berimplikasi pada harga secara lebih terukur.

Meningkatnya tekanan inflasi pada akhir Juni hingga awal Juli 2013, lanjutnya, merupakan pengaruh dari kenaikan harga BBM bersubsidi serta masuknya siklus musiman bulan Ramadan dan Idulfitri.

“Ke depan, prioritas rencana kegiatan TPID Jawa Barat, Jakarta dan Banten di tahun 2013 diarahkan untuk menghadapi tantangan dan mengatasi berbagai permasalahan yang masih ada terkait dengan stabilitas harga dan pengendalian inflasi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper