Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Berharap Setiap Kota/Kabupaten Punya Kebun Raya

Presiden Joko Widodo berharap setiap kota dan kabupaten di Indonesia memiliki kebun raya seperti di Bogor.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 05 Juni 2015  |  13:12 WIB
Presiden Joko Widodo berharap setiap kota dan kabupaten di Indonesia memiliki kebun raya seperti di Bogor, ilustrasi - Antara
Presiden Joko Widodo berharap setiap kota dan kabupaten di Indonesia memiliki kebun raya seperti di Bogor, ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BOGOR-- Presiden Joko Widodo berharap setiap kota dan kabupaten di Indonesia memiliki kebun raya seperti di Bogor.

Hal tersebut disampaikan Jokowi di sela-sela peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 di Kompleks Istana Bogor, Jumat (5/6). Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah "Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi".

Atas permintaan Jokowi, acara tersebut berlangsung di halaman belakang Istana Bogor. Awalnya, acara akan digelar di dalam gedung.

"Saya sampaikan lingkungan Istana Bogor ini sebuah contoh, betapa bisa memelihara, merawat lingkungan akan bisa kita nikmati sebuah suasana alam yang lestari di tengah-tengah sibuknya kota besar Bogor," tuturnya, Jumat (5/6).

Suasana kebun dengan alam yang lestari di Istana Bogor menimbulkan harapan Presiden agar setiap Kabupaten dan Kota di Indonesia dapat memiliki kebun raya seperti di Bogor.

"Saya hanya membayangkan apabila setiap kota-kabupaten ada kebun rayanya seperti ini," kata Jokowi.

Menurutnya, apabila ada kemauan dari kepala daerah, kebun raya dapat terwujud. "Kalau dulu bisa dibuat kenapa sekarang tidak? Dulu bisa dibangun sekarang kenapa tidak? Bisa. Saya yakin, meyakini bisa kita lakukan," ujar Jokowi.

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Menilik sejarahnya, Kebun Raya Bogor pada merupakan taman yang dibuat pada pemerintahan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda pada 1474-1513. Pada pemerintahan Kolonial Belanda, salah satu sudut taman ini dibangun rumah peristirahatan oleh Gubernur Jenderal van der Capellen dan dikembangkan menjadi sebuah kebun cantik oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang punya minat besar terhadap botani pada awal abad ke-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kebun raya
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top