Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IJAZAH PALSU: Ini Komentar Mantan Mendikbud M.Nuh

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menyampaikan pandangannya perihal terungkapnya kasus ijazah palsu.
Ijazah palsu/Antara
Ijazah palsu/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menyampaikan pandangannya perihal terungkapnya kasus ijazah palsu.

"Kasus ini sudah menjadi perhatian di masa saya. Jadi, tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa pemerintahan sebelumnya tidak memperhatikan kasus ijazah palsu," katanya di gedung Kemendikbud, Kamis (28/5).

Menurut Nuh, baik pihaknya di masa pemerintahan dia atau sebelumnya, tidak pernah membiarkan kasus ini.

Pada masa pemerintahan sebelumnya, Kemendikbud pernah mengingatkan kasus ijazah ini dan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap penggunaan ijazah palsu.

Penyebabnya, paparnya, ketika itu gelar-gelar dari ijazah asli tapi palsu (aspal) sedang marak-maraknya beredar di masyarakat.

Nuh juga mengutarakan, pengguna ijazah aspal tidak hanya terjadi pada masyarakat biasa. Hal serupa juga terjadi pada kalangan pejabat.

"Saat itu kami telah membuat aturan tegas soal itu".

Menurut Nuh, sanksi terhadap lembaga yang mengeluarkan dan menerima ijazah dan sertifikat palsu telah tertera di Undang-undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dengan sanksi 10 tahun penjara atau pelaku diminta untuk mengganti denda yang berkisar Rp 1 Miliar.

“UU ini menjadi bukti bahwasanya kasus ijazah palsu memang sudah ada di Indonesia dan pemerintah memang sudah melakukan penindakan terhadap hal tersebut. Hanya saja, suasana kasusnya tidak seramai yang terjadi saat ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper