Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaltim Jadi Percontohan Pembangunan BTS Perbatasan

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan kerjasama kemitraan yang telah dijalin antara Pemprov Kalimantan Timur dengan salah satu operator seluler nasional bakal menjadi percontohan yang akan diterapkan di daerah lain.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 27 Mei 2015  |  15:53 WIB

Kabar24.com, SAMARINDA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan kerjasama kemitraan yang telah dijalin antara Pemprov Kalimantan Timur dengan salah satu operator seluler nasional bakal menjadi percontohan yang akan diterapkan di daerah lain.

Direktur Telekomunikasi dan Penyiaran Publik Kemenkominfo Ismail mengatakan startegi Pemda kaltim yang menggandeng operator selular nasional untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi di kawasan perbatasan sudah tepat dan dapat dijadikan percontohan bagi daerah lain.

“Terinspirasi dari Kaltim membangun kerjasama dengan telkomsel. Pemprov bangun tower, pemda menyiapkan lahan dan operator seluler membawa BTS [base transceiver station],” katanya di acara Diskusi Terbuka Rakorda Kominfo 2015 di Kantor Gubernuran, Rabu (27/5/2015).

Ismail mengungkapkan pada tahun ini, konsentrasi pemasangan jaringan komunikasi di perbatasan akan difokuskan pada pembangunan 125 BTS di wilayah perbatasan sepanjang Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Dia menyebutkan anggaran yang disiapkan untuk melaksanakan program ini mencapai Rp250 miliar. Pembangunan BTS akan diutamakan untuk lokasi yang sudah memiliki tower. Saat ini, sebutnya, sudah ada 30 pos yang telah terbangun tower.

Menurutnya, infrastruktur telekomunikasi merupakan salah satu bagian yang penting karena keberadaannya akan mendukung kegiatan ekonomi dan pemerintahan di kawasan tersebut.

Dengan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi ini dapat disejajarkan dengan kebutuhan akan jalan, air minum dan kebutuhan tenaga listrik.

“Pemerintah sebagai regulator murni tidak membangun infrastruktur ataupun sebagai operator. Maka dari itu, peran diskominfo dalam membuka jalan bagi operator untuk ikut serta,” sebutnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim bts
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top