Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUMD Bermasalah: Riau Tunggu Hasil Audit BPK

Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas sejumlah badan usaha milik daerah yang bermasalah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 Mei 2015  |  13:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas sejumlah badan usaha milik daerah yang bermasalah.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Zaini Ismail mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan jalannya pemeriksaan maupun hasil akhir yang dilakukan oleh BPK RI.

"Untuk mengambil langkah terhadap sejumlah BUMD yang bermasalah tentu ada acuannya, dan kami masih menunggu hasil audit dari BPK," katanya usai pertemuan dengan legislatif di Pekanbaru, Senin (25/5/2015).

Zaini mengatakan saat ini ada tujuh perusahaan daerah yang sedang diaudit BPK. Hasil audit nantinya akan berupa rekomendasi dalam pengelolaan BUMD.

Salah satu rekomendasi minimal yang biasanya dikeluarkan itu menurut Zaini, adalah evaluasi tata kelola perusahaan daerah, agar sesuai dengan tujuan awal yaitu untuk pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan kontribusi bagi daerah.

Selain itu, jika akhirnya BPK memberikan rekomendasi penutupan, tentu akan disampaikan kepada pimpinan daerah yaitu gubernur.

"Kalaupun nanti ada rekomendasinya penutupan BUMD yang bermasalah, kami akan sampaikan kepada pimpinan yaitu Plt Gubri, setelah itu baru diputuskan penutupan," katanya.

Sebelumnya Komisi C DPRD Riau telah memberikan rekomendasi kepada Pemprov Riau agar segera menutup dua BUMD yang bermasalah yaitu Riau Airlines dan Riau Petroleum.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top