Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Perkuat Wisata Sejarah Sriwijaya

Pemprov Sumatra Selatan akan memperkuat dan mengembangkan wisata sejarah karena dinilai memiliki daya jual yang lebih tinggi dibanding wisata lainnya.
Situs kerajaan sriwijaya/ Jibi Foto
Situs kerajaan sriwijaya/ Jibi Foto

Bisnis.com, PALEMBANG—Pemprov Sumatra Selatan akan memperkuat dan mengembangkan wisata sejarah karena dinilai memiliki daya jual yang lebih tinggi dibanding wisata lainnya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan pengembangan wisata sejarah merupakan strategi pemerintah ke depan untuk mendongkrak pariwisata Sumsel.

"Bisa saja mengembangkan wisata MICE tapi itu bukan strategi kami untuk masa depan, saya lihat potensi sejarah itu tidak akan habis dan Sumsel kaya akan sejarah," katanya saat ditemui Bisnis, Selasa (19/5).

Menurutnya, salah satu daya tarik wisata sejarah Sumsel adalah Kerajaan Sriwijaya di mana banyak peninggalan kerajaan tersebut yang menarik untuk dikunjungi.

"Ketuaan Sriwijaya itu bisa jadi 'seksi', potensi sejarah itu paling enak untuk dijual tinggal bagaimana pengembangannya," ujarnya.

Bahkan, pemerintah daerah sendiri berencana meluncurkan kota tua dan kota pusaka di Palembang.

Irene mengatakan sebetulnya Palembang sudah tercatat sebagai kota tua dan kota pusaka tetapi masyarakat belum banyak yang tahu akan hal itu.

"Kalau belum dilaunching seperti belum ada gaungnya makanya kami akan menggelar acara peluncuran kota tua dan kota pusaka, kami sedang membahas lokasinya," katanya.

Sektor pariwisata sendiri telah menempati posisi tiga besar dalam kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD) Sumsel.

"Mengapa pemerintah ingin mengembangkan sektor pariwisaya dan perdagangan karena sektor itu trennhy naik terus, investasi di sektor pariwisata tidak rugi," paparnya.

Pihaknya pun optimistis pariwisata dapat menopang pertumbuhan ekonomi Sumsel lebih kuat lagi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat provinsi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper