Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Siti Nurbaya: Kearifan Lokal Ikut Jaga Kelestarian Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menilai keberadaan berbagai kearifan lokal yang terdapat di Indonesia selaras dengan upaya pelestarian lingkungan.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (kiri)/Antara
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (kiri)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menilai  keberadaan berbagai kearifan lokal yang terdapat di Indonesia selaras dengan upaya pelestarian lingkungan. Dalam praktiknya, kearifan lokal bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti konservasi alam, pengembangan sumber daya manusia, membangun kohesi social, daur ulang bagi pertanian hingga memperkuat etika moral.

Hal tersebut diungkapkan ketika dia menghadiri acara Ruwatan Negeri bertajuk Kearifan Lokal: Budaya Menjaga Lingkungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (16/05/2015). Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Direktur Utama TMII Bambang Susanto.

“Kearifan lokal ini pada dasarnya adalah gagasan setempat yang bijaksana, menjadi panutan dan bernilai baik. Kita menjaga negeri ini dengan kekayaan itu,” ujar Siti.

Menurutnya, ada empat ciri kearifan lokal.Keempat ciri tersebut antara lain mampu bertahan terhadap budaya asing, mengakomodasikan budaya yang masuk terhadap budaya yang dimiliki, mampu mengintegrasikan kedua budaya tersebut, serta mampu mengendalikan dan memberi arah terhadap apa yang akan terjadi ke depannya.

Hingga saat ini, Siti melihat ada banyak kearifan lokal masyarakat adat yang turut mendukung pelestarian lingkungan. Dia mencontohkan, masyarakat adat Papua memiliki filosofi te aro neweak lako yang berarti alam adalah aku. Sementara itu, masyarakat Bengkulu memiliki prinsip celako kumali,  di mana kelestarian lingkungan terwujud dari adanya nilai tabu dalam berladang dan tradisi tanam tanjak.

“Mari kita jaga kelestarian alam kita. Caranya dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini dengan terus menerapkan Pancasila dan Trisakti, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper