Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Total E&P Alokasikan US$2 Miliar Per Tahun Untuk Blok Mahakam

PT Total E&P Indonesie tetap akan mengalokasikan US$2 miliar per tahun untuk menjaga produksi gas di Blok Mahakam, meskipun posisinya akan digantikan PT Pertamina (Persero) pada 2018.
Presiden Joko Widodo./ANTARA
Presiden Joko Widodo./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Total E&P Indonesie tetap akan mengalokasikan US$2 miliar per tahun untuk menjaga produksi gas di Blok Mahakam, meskipun posisinya akan digantikan PT Pertamina (Persero) pada 2018.

Patrick Pouyanne, CEO Total Group, mengatakan pihaknya menghargai keinginan pemerintah untuk tetap menyertakan Total sebagai operator Blok Mahakam. Untuk itu, perusahaan akan terus berada di dalam negeri, mengembangkan industri minyak dan gas bumi di dalam negeri.

“Kami masih akan menginvestasikan sekitar US$1,5 miliar hingga US$2 miliar dalam setahun. Tentu sangat penting mendapat kepastian mengenai masa depan perusahaan di Blok Mahakam pada 2018,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (15/52015).

Patrick menuturkan perusahaan asal Prancis itu pun siap untuk bekerja sama dengan perusahaan nasional dalam mengelola blok migas. Pihaknya pun bersedia untuk bekerjasama mencari solusi untuk menjaga produksi gas.

Menurutnya, kepastian pengelolaan Blok Mahakam sangat diperlukan dalam penentuan rencana investasi perusahaan pada 2016 dan 2017. Rencana investasi itu nantinya akan sangat berpengaruh terhadap pengelolaan produksi gas di blok tersebut.

“Total dapat bekerja sama dengan Pertamina, bukan hanya dalam kontrak, tetapi kerja sama yang komprehensif di antara kedua perusahaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan waktu sebulan kepada Kementerian ESDM, Total, dan Pertamina untuk membicarakan teknis pengelolaan Blok Mahakam. Salah satu isu krusial yang harus diselesaikan adalah jumlah kepemilikan modal kedua perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper