Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Akan Perbanyak Alutsista Untuk Tangani 3 Hal Ini

Pemerintah akan memperbanyak alat utama sistem pertahanan (Alutsista) untuk penanggulangan terorisme dan penanganan bencana alam, serta penyakit menular, dibandingkan dengan alat kebutuhan perang.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 05 Mei 2015  |  15:36 WIB
 Pemerintah akan memperbanyak alutsista untuk tangani terorisme, bencana alam, dan penyakit menular - ilustrasi
Pemerintah akan memperbanyak alutsista untuk tangani terorisme, bencana alam, dan penyakit menular - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Pemerintah akan memperbanyak alat utama sistem pertahanan (Alutsista) untuk penanggulangan terorisme dan penanganan bencana alam, serta penyakit menular, dibandingkan dengan alat kebutuhan perang.

Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan, mengatakan ancaman nyata yang harus dihadapi Indonesia saat ini adalah aksi terorisme, bencana alam, dan penyakit menular. Untuk itu pemerintah akan memperbesar porsi alutsista yang dapat menangani ketiga hal tersebut.

“Jadi pembelian alutsista sekarang harus jelas. Kalau tidak ada ancaman, untuk apa dibeli alutsista itu. Ancaman sekarang kan teroris, bencana alam, dan penyakit,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/5).

Ryamizard menuturkan saat ini kondisi alutsista untuk ketiga ancaman tersebut masih sangat kurang. Hal tersebut membuat proses evakuasi menjadi lebih lama, dan dapat berdampak pada bertambahnya jumlah korban jiwa.

Menurutnya, pemerintah membutuhkan helikopter pengangkut alat berat, agar dapat cepat melakukan evakuasi. Apalagi bencana yang membutuhkan alat berat biasanya mengalami hambatan pada akses menuju lokasi.

“Selama ini alat berat membutuhkan waktu lama untuk masuk ke wilayah longsor, sehingga evakuasi dilakukan menggunakan cangkul dan membutuhkan waktu lama,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan kerja sama yang dibangun di kawasan membantu Indonesia menghindari perang. Dengan begitu, pemerintah dapat mengalokasikan anggaran alutsista untuk perang ke sektor lain yang lebih membutuhkan.

“ASEAN dan konsep regional itu kan menjadi mediator untuk menyelesaikan masalah dengan dialog. Jadi tidak perlu perang,” ucapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alutsista bencana alam terorisme
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top