Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Buruk Beri Layanan Publik? Laporkan Saja ke Ombudsman. Ini Caranya

Masyarakat kini dapat melaporkan kepada Ombudsman, jika mendapati pratik pungutan liar ketika mengurus berbagai dokumen di instansi pemerintah.

Kabar24.com, JAKARTA--Masyarakat kini dapat melaporkan kepada Ombudsman jika mendapati pratik pungutan liar ketika mengurus berbagai dokumen di instansi pemerintah.

"Cara melapor sangat singkat dan sederhana. Laporan ke Ombudsman harus resmi, kirimkan laporan melalui email kepada Ombudsman dengan menyertakan foto kopi identitas," ujar Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana kepada Bisnis.com, baru-baru ini.

Dia menjelaskan Ombudsman akan merahasiakan identitas pelapor. Dia menganjurkan supaya dalam laporan, sang pelapor juga disertakan kronologis peristiwa, sehingga Ombudsman bisa dengan cepat menindaklanjuti.

Laporan yang diterima akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi kepada lembaga terkait yang bisa berujung sanksi administratif bagi oknum aparatur pemerintah.

Danang menjelaskan keluhan terkait layanan publik yang dituangkan lewat jejaring sosial seperti Facebook, Tweeter, Instragram dan lainnya belum dapat dikategorikan sebagai laporan resmi.

"Keluhan dan laporan itu berbeda. Jika keluhan sangat banyak di media sosial, maka Ombudsman juga bisa melakukan langkah investigatif untuk menyelidiki," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper