Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Buruk Beri Layanan Publik? Laporkan Saja ke Ombudsman. Ini Caranya

Masyarakat kini dapat melaporkan kepada Ombudsman, jika mendapati pratik pungutan liar ketika mengurus berbagai dokumen di instansi pemerintah.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 27 April 2015  |  00:37 WIB

Kabar24.com, JAKARTA--Masyarakat kini dapat melaporkan kepada Ombudsman jika mendapati pratik pungutan liar ketika mengurus berbagai dokumen di instansi pemerintah.

"Cara melapor sangat singkat dan sederhana. Laporan ke Ombudsman harus resmi, kirimkan laporan melalui email kepada Ombudsman dengan menyertakan foto kopi identitas," ujar Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana kepada Bisnis.com, baru-baru ini.

Dia menjelaskan Ombudsman akan merahasiakan identitas pelapor. Dia menganjurkan supaya dalam laporan, sang pelapor juga disertakan kronologis peristiwa, sehingga Ombudsman bisa dengan cepat menindaklanjuti.

Laporan yang diterima akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi kepada lembaga terkait yang bisa berujung sanksi administratif bagi oknum aparatur pemerintah.

Danang menjelaskan keluhan terkait layanan publik yang dituangkan lewat jejaring sosial seperti Facebook, Tweeter, Instragram dan lainnya belum dapat dikategorikan sebagai laporan resmi.

"Keluhan dan laporan itu berbeda. Jika keluhan sangat banyak di media sosial, maka Ombudsman juga bisa melakukan langkah investigatif untuk menyelidiki," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ombudsman pelayanan publik
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top