Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG Himbau Warga Waspada Bencana Gempa

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho berharap masyarakat selalu waspada terhadap bencana gempa, karena Indonesia termasuk negara yang rawan bencana gempa.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 27 April 2015  |  08:20 WIB

Kabar24.com,JAKARTA—Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho berharap masyarakat selalu waspada terhadap bencana gempa, karena Indonesia termasuk negara yang rawan bencana gempa.

“Gempa bisa terjadi kapan saja, dan selalu berulang serta memiliki siklus. Untuk itu warga harus mewaspadai bencana gempa,” tuturnya Senin (27/04/2015).

Dia menjelaskan banyaknya korban jiwa saat gempa terjadi sebenarnya bukan disebabkan oleh bencana gempa tersebut. Namun, akibat bangunan yang menimpa korban. Untuk itu masyarakat diharapkan membangun rumah dengan konstruksi yang tahan gempa.

Selain itu, untuk menekan korban jiwa masyarakat diharapkan memahami periode sebelum dan saat serta pasca gempa terjadi. Kemudian, warga diharapkan juga rutin melakukan latihan menghadapi gempa.

“Tidak kalah penting kita pun harus memahami tata ruang wilayah tempat tinggal kita, apakah sudah berbasis peta rawan gempa,” katanya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top