Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mangku Pastika: RTRW Bali akan Direvisi

Gubernur Made Mangku Pastika mengusulkan Perda No.16/2009 tentang Rancangan Tata Ruang dan Wilayah Bali direvisi agar dapat mendukung program pengentasan ketimpangan pembangunan wilayah.

Kabar24.com, DENPASAR—Gubernur Made Mangku Pastika mengusulkan Perda No.16/2009 tentang Rancangan Tata Ruang dan Wilayah Bali direvisi agar dapat mendukung program pengentasan ketimpangan pembangunan wilayah.

Menurutnya, ketimpangan pembangunan antara Bali Selatan dan kawasan lain tidak cukup hanya diselesaikan dengan fisik bangunan, tetapi harus didukung oleh instrumen hukum berupa regulasi.

“Saya meminta kajian dari tim agar dipikirkan soal evaluasi peraturan ini, karena sudah terjadi berbagai perubahan dan kita belum mampu atasi ketimpangan,” ujarnya, Kamis (23/4/2015).

Dia mengungkapkan dalam Perda RTRW Bali periode 2009-2029 itu, belum diatur mengenai keberadaan Jalan Tol Bali Mandara di Bali Selatan. Selain itu tidak diatur juga soal keberadaan bandara baru di Buleleng yang saat ini sudah hampir dapat dipastikan lokasinya serta rencana pembangunan sejumlah jalan tol seperti Kuta-Canggu-Tanah Lot, Soka-Pekutatan, Pekutatan-Gilimanuk, dan Pekutatan-Lovina.

Kendati usia peraturan ini belum mencapai 10 tahun, Pastika menegaskan sudah waktunya untuk memikirkan peluang mengevaluasi agar dapat mendukung pembangunan di Pulau Dewata. Dia menyerahkan keputusan peluang evaluasi itu kepada tim kajian di Pemprov Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper