Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RESHUFFLE KABINET: Netizen Ingin KMP Dilibatkan dalam Kabinet Jokowi

Hasil polling Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan sebagian besar masyarakat menginginkan porsi profesional dan akademisi ditambah dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 22 April 2015  |  19:37 WIB
Presiden Joko Widodo - Reuters
Presiden Joko Widodo - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Hasil polling Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan sebagian besar masyarakat menginginkan porsi profesional dan akademisi ditambah dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. 

Polling KedaiKOPI menggunakan pertanyaan tunggal. “Menurut Anda, sebaiknya bagaimana komposisi kabinet Jokowi setelah direshuflle?” 

Dari 344 pemilih, 58,14% (200 orang) memilih ada tambahan Menteri dari profesional/Akademisi. Yang lebih menarik, “Ada 15,12% [52 pemilih] berharap Jokowi memfasilitasi tokoh dari Koalisi Merah Putih (KMP),” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina dan juru bicara KedaiKOPI  Hendri Satrio, Rabu (22/4/2015). 

Hendri mengatakan dukungan dari koalisi pendukung Prabowo Subianto ini diharapkan bisa memuluskan kebijakan pemerintah di parlemen. 

Sebaliknya, hanya sebagian kecil yaitu 2,33% publik yang menginginkan jatah kursi partai koalisi, terutama PDIP, ditambah di kabinet. 

Hasil polling juga menyatakan 22,67% (78 pemilih) tak menginginkan adanya pergantian Menteri, dan hanya perlu dirotasi. 

Terakhir, ada sekitar 1,74% (6 orang) yang berharap Jokowi menunggu arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekaroputri.

Menurut Hendri polling ini merupakan hasil tindak lanjut dari polling sebelumnya. Dari polling sebelumnya, 96,6% pemilih menyatakan Jokowi perlu merombak kabinetnya untuk memperbaiki kinerja pemerintahan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Reshuffle Kabinet
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top