Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Desa Wisata yang Dikembangkan Pekanbaru & UPI Bandung

Pemerintah Kota Pekanbaru menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk mengembangkan desa wisata.
Desa di Indonesia/setkab.go.id
Desa di Indonesia/setkab.go.id

Kabar24.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk mengembangkan desa wisata.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan ada empat kelurahan di daerahnya yang memiliki potensi kepariwisataan berbasis agro.

"Empat kelurahan itu adalah Kelurahan Rumbai Pesisir, Rumbai Bukit, Limbungan, dan Palas," katanya, Jumat (17/4).

Di sana menurut Firdaus, masyarakat setempat mengelola bidang pertanian yang bisa dijadikan objek pariwisata seperti peternakan, pertanian, dan perikanan serta potensi sumber daya alam setempat.

Untuk mengembangkan potensi itu, pihaknya mengajak peran serta UPI Bandung lewat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif di kampus tersebut.

Dengan kerja sama ini diharapkan akademisi bisa mengoptimalkan potensi yang ada di empat kelurahan itu untuk digarap, tentunya dengan dukungan program terkait dari Pemkot Pekanbaru.

"Empat kecamatan ini punya potensi yang dapat dikembangkan, kami berharap kerja sama ini bisa memunculkan potensi itu menjadi peluang bisnis yang berdampak ekonomi bagi maayarakat," katanya.

Ketua Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif UPI Bandung Lely Yulifar mengatakan pihaknya akan meneliti lebih lanjut potensi yang ada di wilayah Pekanbaru sesuai pemaparan Pemkot.

"Kami akan membuat penelitian yang langsung menghubungkan potensi daerah itu dengan program pemerintah setempat, sehingga bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar," katanya.

Lely mengatakan pihaknya akan menggabungkan beragam ide, dan inovasi yang dimiliki akademisi untuk mendorong pengembangan potensi desa dan kelurahan.

Dengan upaya ini juga diharapkan beragam produk atau keunikan daerah setempat bisa dimaksimalkan serta dipasarkan kepada konsumen yang lebih luas.

"Kami juga sepakat bekerja sama dengan Pemkot Pekanbaru karena kami nilai paling siap untuk mengembangkan potensi desa wisata dibandingkan daerah lainnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper