Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Desa Wisata yang Dikembangkan Pekanbaru & UPI Bandung

Pemerintah Kota Pekanbaru menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk mengembangkan desa wisata.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 April 2015  |  16:54 WIB
Desa di Indonesia - setkab.go.id
Desa di Indonesia - setkab.go.id

Kabar24.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding / MoU) dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk mengembangkan desa wisata.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan ada empat kelurahan di daerahnya yang memiliki potensi kepariwisataan berbasis agro.

"Empat kelurahan itu adalah Kelurahan Rumbai Pesisir, Rumbai Bukit, Limbungan, dan Palas," katanya, Jumat (17/4).

Di sana menurut Firdaus, masyarakat setempat mengelola bidang pertanian yang bisa dijadikan objek pariwisata seperti peternakan, pertanian, dan perikanan serta potensi sumber daya alam setempat.

Untuk mengembangkan potensi itu, pihaknya mengajak peran serta UPI Bandung lewat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif di kampus tersebut.

Dengan kerja sama ini diharapkan akademisi bisa mengoptimalkan potensi yang ada di empat kelurahan itu untuk digarap, tentunya dengan dukungan program terkait dari Pemkot Pekanbaru.

"Empat kecamatan ini punya potensi yang dapat dikembangkan, kami berharap kerja sama ini bisa memunculkan potensi itu menjadi peluang bisnis yang berdampak ekonomi bagi maayarakat," katanya.

Ketua Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kewirausahaan Kreatif UPI Bandung Lely Yulifar mengatakan pihaknya akan meneliti lebih lanjut potensi yang ada di wilayah Pekanbaru sesuai pemaparan Pemkot.

"Kami akan membuat penelitian yang langsung menghubungkan potensi daerah itu dengan program pemerintah setempat, sehingga bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar," katanya.

Lely mengatakan pihaknya akan menggabungkan beragam ide, dan inovasi yang dimiliki akademisi untuk mendorong pengembangan potensi desa dan kelurahan.

Dengan upaya ini juga diharapkan beragam produk atau keunikan daerah setempat bisa dimaksimalkan serta dipasarkan kepada konsumen yang lebih luas.

"Kami juga sepakat bekerja sama dengan Pemkot Pekanbaru karena kami nilai paling siap untuk mengembangkan potensi desa wisata dibandingkan daerah lainnya," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top