Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Goes to Campus di UGM Kampanyekan Kemandirian Energi

PT Pertamina (Persero) kembali menggelar ajang Pertamina Goes to Campus di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebagai kegiatan rutin yang bertujuan mengedukasi, serta memberikan wawasan yang komprehensif tentang pengelolaan energi di Indonesia kepada kalangan mahasiswa.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 16 April 2015  |  14:21 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta - uq.edu.au
Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta - uq.edu.au

Bisnis.com, YOGYAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali menggelar ajang Pertamina Goes to Campus di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebagai kegiatan rutin yang bertujuan  mengedukasi, serta memberikan wawasan yang komprehensif tentang pengelolaan energi di Indonesia kepada kalangan mahasiswa.

Bertempat di Graha Sabha Pramana UGM, Pertamina Goes to Campus (PGTC), Kamis (16/4/2015) dihadiri Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, serta para tokoh inspirasi Indonesia, antara lain Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, Rektor UGM Dwikorita Karnawati, tokoh pers nasional H.M. Idham Samawi.

Dengan tema “Kemandirian Energi untuk Negeri”, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto sebagai pembicara kunci dalam PGTC,  menyampaikan peran Pertamina dalam mewujudkan kemandirian energi di Indonesia.

Pertamina sebagai BUMN yang menyediakan energi untuk kebutuhan masyarakat, melalui rangkaian proses dari eksplorasi, pengolahan, hingga distribusi. Pertamina juga terus mendukung konversi gas baik itu untuk pembangkit listrik, rumah tangga serta transpotasi.

Dwi juga menyampaikan paparan tentang paradoks pengelolaan energi di Indonesia, yakni kaya minyak tetapi impor, impor minyak tinggi namun boros energi, serta kaya sumber daya energi terbarukan namun tidak dikelola secara maksimal.

Dengan kondisi tersebut tantangannya adalah mengurangi ketergantungan energi fosil dan mengembangkan energi baru dan terbarukan.

Sementara itu, sejumlah pembicara hadir menyemarakkan talkshow, yang dipandu budayawan Butet Kertaredjasa, yakni pakar ekonomi UGM Revrisond Baswir, Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro.

Wianda Pusponegoro mengatakan kegiatan PGTC merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian Pertamina bagi dunia pendidikan, dimana ajang ini diharapkan dapat menjadi wadah bertukar pikiran dan wawasan tentang energi antara pakar dan mahasiswa.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina ugm
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top