Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eksekusi Mati TKI: Pemerintah RI Protes Arab Saudi

Seorang tenaga kerja asal Indonesia Siti Siti Zaenab binti Duhri Rupa, Selasa (14/4/2015), menjalani hukum pancung di Madinah, Arab Saudi. Merasa tak mendapat informasi resmi soal eksekusi tersebut, pemerintah RI pun memprotes Arab Saudi.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 15 April 2015  |  09:38 WIB
Ilustrasi-Aliansi TKI melakukan aksi unjuk rasa meminta Presiden Joko Widodo mencabut moratorium larangan pengiriman TKI ke Timur Tengah. - Antara
Ilustrasi-Aliansi TKI melakukan aksi unjuk rasa meminta Presiden Joko Widodo mencabut moratorium larangan pengiriman TKI ke Timur Tengah. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Seorang tenaga kerja asal Indonesia Siti Siti Zaenab binti Duhri Rupa, Selasa (14/4/2015), menjalani hukum pancung di Madinah, Arab Saudi. Merasa tak mendapat informasi resmi soal eksekusi tersebut, pemerintah RI pun memprotes Arab Saudi.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan protes kepada Pemerintah Arab Saudi karena tidak menyampaikan notifikasi kepada Perwakilan RI maupun kepada keluarga mengenai waktu pelaksanaan hukuman mati tersebut," tulis Kementerian Luar Negeri dalam rilis yang diterima Selasa (14/4/2015).

Siti Zaenab dieksekusi mati pada pukul 10.00 waktu setempat di Madinah. Namun pelaksanaan hukuman pancung itu tidak diberitahukan sebelumnya oleh pemerintah Arab Saudi.

Konsulat Jenderal RI di Jeddah menerima informasi tersebut dari pengacara Khudran Al Zahrani pada pukul 14.00 WIB.

Pemerintah Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam kepada sanak keluarga Siti yang merupakan warga Bangkalan, Pulau Madura.

Sebagai informasi, Siti Zaenab divonis hukuman pancung oleh pengadilan Arab Saudi pada Juli 2001 lalu karena kasus kriminal. Perempuan kelahiran 12 Maret 1968 itu dinilai terbukti membunuh majikan perempuannya Nurah binti Abdullah.

Dia ditahan di Penjara Umum Madinah sejak 5 Oktober 1999. Berbagai upaya sempat dilakukan untuk menghindarkan Siti dari vonis mati, di antaranya adalah lobi yang dilakukan tiga Presiden RI yakni Abdurrahman Wahid (2000), SBY (2011), dan Joko Widodo (2015).

Ketiganya pernah mengirimkan surat resmi kepada Raja Saudi yang berisi permohonan agar Raja Arab Saudi memberikan pengampunan. Tetapi saat eksekusi hukuman mati tidak ada pemberitahuan resmi kepada perwakilan RI.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tki bermasalah hukuman mati siti zaenab
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top