Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMKAB BADUNG: 60 Nelayan Dilatih Keselamatan Berlayar

Sebanyak 60 orang nelayan di Kabupaten Badung mendapatkan pelatihan keselamatan berlayar guna mendorong peningkatan mutu dan keterampilan mengemudikan kapal.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 14 April 2015  |  15:07 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Kabar24.com, DENPASAR - Sebanyak 60 orang nelayan di Kabupaten Badung mendapatkan pelatihan keselamatan berlayar guna mendorong peningkatan mutu dan keterampilan mengemudikan kapal.

Dengan pelatihan itu diharapkan nelayan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas di laut. Selain itu, pelatihan tersebut sekaligus upaya meningkatkan jumlah nelayan yang pernah mendapatkan pelatihan keselamatan.

Pasalnya, nelayan yang pernah mendapatkan pelatihan keselamatan di daerah ini baru 330 orang. Adapun total nelayannya mencapai 1.909 orang. Wakil Bupati Badung I Made Sudiana menjelaskan keselamatan berlayar sangat penting bagi pelaku jasa transportasi laut.

“Mengingat semakin banyaknya terjadi kecelakaan di laut, apalagi belakangan ini terjadi anomali cuaca yang kurang menguntungkan sehingga diperlukan pengetahuan dan profesionalisme dari setiap pelaku jasa transportasi laut,” jelasnya, Selasa (14/4/2015).

Pemkab Badung saat ini menata transportasi laut salah satunya adalah menerbitkan Pas kecil bagi kapal dengan ukuran kurang dari 7 GT (gross tonage).

Hal itu seiring dengan terbitnya UU No.17/2009 tentang pelayaran dan Perda No.3/2013 tentang PAS kecil yang mengamanatkan semua kapal khususnya yang berukuran kurang dari 7 GT wajib dilengkapi dengan surat tanda kebangsaan kapal atau dikenal PAS kecil.

Jumlah transportasi laut di Badung saat ini tercatat 2.126 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 1.482 unit merupakan jenis kapal penangkap ikan, dan 644 unit kapal digunakan untuk menunjang kegiatan wisata bahari. []


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal nelayan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top