Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayo Daftar, Kementerian Agama Buka Beasiswa Kuliah di Jepang

Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Institute for Indonesias Future Excellence menyelenggarakan kompetisi beasiswa jenjang sarjana di salah satu universitas terbaik di Jepang bagi siswa Madrasah Aliyah.
Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview. /Bisnis.com
Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview. /Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence menyelenggarakan kompetisi beasiswa jenjang sarjana di salah satu universitas terbaik di Jepang bagi siswa Madrasah Aliyah (Negeri dan Swasta).

Direktur Pendidikan Madrasah Prof M. Nur Kholis Setiawan mengatakan kompetisi ini meliputi bidang sains dan ilmu sosial. Siswa pemenang kompetisi ini akan mendapatkan beasiswa biaya hidup (living cost scholarship) dari Kementerian Agama RI dan beasiswa uang kuliah (tuition fee scholarship) dari Universitas Jepang.

“Program studi yang dipilih mencakup dua kelompok,” katanya dalam pengumuman Beasiswa Prestasi Jenjang Sarjana di Universitas Jepang bagi Lulusan Madrasah Tahun 2015.

Pertama, kelompok IPA. Peserta bisa memilih 2 program studi dari pilihan empat pilihan, yakni (a) Program Studi Teknik Mesin dan Aerospace, Tohoku University, (b) Kimia Material/Molekular, Tohoku University, (c) Biologi Kelautan, Tohoku University, (d) Nagoya University.

Kedua, Kelompok IPS, yang mencakup (a) Social Sciences (International Relations & Peace Studies, Environment & Development, Culture-Society and Media) (Ritsumeikan Asia Pacific University), dan (b) International Management (Accounting & Finance, Strategic Management & Organization, Innovation & Economics) (Ritsumeikan Asia Pacific University).

Seleksi dilakukan dalam tiga tahap.

Seleksi Tahap I berupa ujian tertulis. Bagi kelompok IPA materi yang diujikan mencakup Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris. Adapun bagi Kelompok IPS, materi yang dujikan meliputi Matematika, IPS Terpadu (Geografi, Ekonomi, Sosiologi), dan Bahasa Inggris.

Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence/Lembaga Nan Unggul Indonesia dan Kementerian Agama RI).

Kemudian Seleksi Tahap III berupa interview/ujian dengan dengan universitas tujuan di Jepang.

Berikut ini jadwal penting.

No

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran

30 Maret 2015 s.d. 15 April 2015

2

Pengumuman Nama Peserta &Lokasi Seleksi

16 April 2015

3

Seleksi Tahap I

Sabtu, 18 April 2015

4

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I

21 April 2015

5

Seleksi Tahap II

Sabtu, 25 April 2015

6

Seleksi Tahap III

Diatur dengan universitas partner

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper