Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ayo Daftar, Kementerian Agama Buka Beasiswa Kuliah di Jepang

Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Institute for Indonesias Future Excellence menyelenggarakan kompetisi beasiswa jenjang sarjana di salah satu universitas terbaik di Jepang bagi siswa Madrasah Aliyah.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 April 2015  |  10:50 WIB
Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview.  - Bisnis.com
Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview. - Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence menyelenggarakan kompetisi beasiswa jenjang sarjana di salah satu universitas terbaik di Jepang bagi siswa Madrasah Aliyah (Negeri dan Swasta).

Direktur Pendidikan Madrasah Prof M. Nur Kholis Setiawan mengatakan kompetisi ini meliputi bidang sains dan ilmu sosial. Siswa pemenang kompetisi ini akan mendapatkan beasiswa biaya hidup (living cost scholarship) dari Kementerian Agama RI dan beasiswa uang kuliah (tuition fee scholarship) dari Universitas Jepang.

“Program studi yang dipilih mencakup dua kelompok,” katanya dalam pengumuman Beasiswa Prestasi Jenjang Sarjana di Universitas Jepang bagi Lulusan Madrasah Tahun 2015.

Pertama, kelompok IPA. Peserta bisa memilih 2 program studi dari pilihan empat pilihan, yakni (a) Program Studi Teknik Mesin dan Aerospace, Tohoku University, (b) Kimia Material/Molekular, Tohoku University, (c) Biologi Kelautan, Tohoku University, (d) Nagoya University.

Kedua, Kelompok IPS, yang mencakup (a) Social Sciences (International Relations & Peace Studies, Environment & Development, Culture-Society and Media) (Ritsumeikan Asia Pacific University), dan (b) International Management (Accounting & Finance, Strategic Management & Organization, Innovation & Economics) (Ritsumeikan Asia Pacific University).

Seleksi dilakukan dalam tiga tahap.

Seleksi Tahap I berupa ujian tertulis. Bagi kelompok IPA materi yang diujikan mencakup Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris. Adapun bagi Kelompok IPS, materi yang dujikan meliputi Matematika, IPS Terpadu (Geografi, Ekonomi, Sosiologi), dan Bahasa Inggris.

Seleksi Tahap II berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence/Lembaga Nan Unggul Indonesia dan Kementerian Agama RI).

Kemudian Seleksi Tahap III berupa interview/ujian dengan dengan universitas tujuan di Jepang.

Berikut ini jadwal penting.

No

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran

30 Maret 2015 s.d. 15 April 2015

2

Pengumuman Nama Peserta &Lokasi Seleksi

16 April 2015

3

Seleksi Tahap I

Sabtu, 18 April 2015

4

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I

21 April 2015

5

Seleksi Tahap II

Sabtu, 25 April 2015

6

Seleksi Tahap III

Diatur dengan universitas partner


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang beasiswa
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top