Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi 3 Hari Tinggalkan Jakarta, Ini Agendanya

Presiden Joko Widodo selama tiga hari meninggalkan Jakarta 9-11 April 2015 menuju Bali serta melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo selama tiga hari meninggalkan Jakarta 9-11 April 2015 menuju Bali serta melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat.

Didampingi Ibu Negara Iriana, Jokowi bertolak ke Bali pagi ini pukul 06.15 WIB menggunakan pesawat Kepresidenan BBJ 2 dari pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Kamis (9/4/2015).

Mengutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jokowi dijadwalkan menghadiri Kongres Ke-IV PDI Perjuangan, sementara di NTB menghadiri acara Tambora Menyapa Dunia dan panen jagung.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan kehadiran Jokowi di Kongres IV PDI-P untuk menghargai undangan yang telah disampaikan, selain itu upaya membuka komunikasi dengan partai-partai dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH). “Apalagi dengan PDIP, dengan semua partai Presiden membuka komunikasi,” katanya.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menambahkan setelah menghadiri Kongres PDI-P, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Mataram dan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Adapun Tambora Menyapa Dunia (TMD) merupakan kegiatan menyambut dua abad meletusnya Gunung Tambora, 10-11 April 1815, yang terletak di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadikan acara ini sebagai momentum menjaring wisatawan dengan target dua juta orang. Puncak acaranya diperkirakan mencapai 15.000 orang yang hadir di kawasan Gunung Tambora.

Gubernur NTB Muhamad Zainul Majdi mengatakan, pencanangan kawasan Gunung Tambora menjadi Taman Nasional dihajatkan dalam rangka mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Samota (Satonda, Moyo, Tambora).

Gubernur mengharapkan kedatangan Presiden Jokowi menjadi momentum strategis untuk mengenalkan Kawasan Samota yang telah digagas lama menjadi KEK Nasional.

“Kita harapkan, adanya kegiatan ‘Tambora Menyapa Dunia’ ini akan ada investasi yang datang untuk menggali potensi sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Gubernur Zainul Majdi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengatakan, Tambora Menyapa Dunia meliputi antara lain:

* Tambora Bike yang berlangsung empat hari 8-11 April 2015 menyusuri jalanan dari Lombok sampai Dompu,

* Mount Tambora Ultra Trail Run 7-11 April 2015,

* Tambora Chalenge (Trans Sumbawa) yang juga sama waktu penyelenggaraannya, 7-11 April 2015.

* Lari 10 K di Dompu 5 April 2015,

* Sepeda Gunung Nusantara 10 April 2015,

* Pacuan kuda di Bima

* Menangkap Sapi

* Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia (4-5 April 2015),

* Ekspedisi Selebriti Mendaki Tambora 1 Juni 2015,

* Tambora Savana Run 31 Mei 2015 dan

* Lakey Kite Surf Exhibition Camp di pantai Lakey Kecamatan Huu Dompu 21-23 Agustus 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper