Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Banyak Orang Tahu Kontrakan Sederhana Ini Dihuni Calon Mantu Jokowi

Tak banyak yang mengira, sebuah rumah sederhana berwarna krem di Jl. Kutai Raya Sumber, Banjarsari, Solo, dihuni calon menantu Presiden Jokowi. Itulah rumah sederhana itu yang dihuni Puteri Solo 2009, Selvi Ananda.
Rumah tinggal Selvi Ananda, calon menantu Presiden Joko Widodo/Solopos.com
Rumah tinggal Selvi Ananda, calon menantu Presiden Joko Widodo/Solopos.com

Bisnis.com, SOLO-- Tak banyak yang mengira, sebuah rumah sederhana berwarna krem di Jl. Kutai Raya Sumber, Banjarsari, Solo, dihuni calon menantu Presiden Jokowi. Itulah rumah sederhana itu yang dihuni Puteri Solo 2009, Selvi Ananda.

Di rumah kontrakan RT 007/RW 007 Sumber, Banjarsari, Solo, itu, Selvi bersama ayah-ibunya tinggal. Gadis kelahiran 9 Januari 1989 itu akan dipersunting sebagai pendamping hidup Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Jokowi.

Selvi Ananda dan keluarganya tinggal di lingkungan itu lebih dari empat tahun. Rumah Selvi masih satu RW dengan rumah nenek Gibran, yakni Sujiatmi Notomihardjo, yang tinggal di Jl. Pleret Raya No. 9A RT 001/RW 007 Sumber.

Namun, pintu rumah Selvi Ananda hampir selalu tertutup. Gorden kain tebal juga menghiasi di balik kaca jendela. Di samping barat rumah yang menghadap ke selatan itu terdapat jemuran.

Setiap pagi banyak ibu-ibu di kompleks itu berbelanja di warung kecil depan rumah Selvi. Warung itu menyediakan jajanan pasar sampai nasi bungkus. Tukang bakso pun sering mangkal di depan rumah Selvi.

“Ayahnya [Selvi] ada tadi. Diketuk saja!” pinta si tukang bakso. Beberapa kali ketukan terdengar dari pintu depan bercat putih. Tak ada satu pun suara sahutan si pemilik rumah.

Tiba-tiba seorang ibu memberitahu orangtua Selvi ada di mobil Daihatsu Espas silver metalik di samping rumah. Belum sempat Solopos.com, mendekat, seorang laki-laki berkumis mengemudikan mobilnya.

Laki-laki itu tidak lain ayah Selvi. Dia sempat berhenti di depan rumah Ketua RT 007, Margono, beberapa saat. Namun begitu ada wartawan mendekat, ia segera menghidupkan mesin mobil dan menjauh.

“Besok saja, saya lagi ada urusan penting. Sudah-sudah ya!” katanya sembari menancap gas mobil.

Margono tak bisa berkomentar banyak tentang keluarga Selvi Ananda. Dia mengatakan keluarga Selvi mengontrak rumah di RT 007 lebih dari empat tahun. Sebagai Ketua RT 007, Margono tak pernah mendapat identitas keluarga Selvi, baik berupa kartu keluarga (KK) maupun kartu tanda penduduk (KTP). Bahkan, Margono pun tak tahu nama asli orangtua Selvi.

“Saya hanya tahu panggilannya saja. Tapi, enggak etis bila menyebut nama panggilannya. Mereka tidak tercatat sebagai warga RT 007/RW 007. Saya tidak tahu aslinya. Dulu pernah ada keterangan tempat tinggal sebelumnya di Dawung. Saat kumpulan RT pun tak pernah ikut. Maaf saya tidak bisa memberi informasi lebih karena benar-benar tidak tahu,” kata Margono saat ditemui Solopos.com, Selasa (7/4/2015) sore.

Beberapa warga sekitar juga tak mengenal keluarga Selvi. Seorang tetangga terdekat yang enggan disebut namanya mengatakan tidak tahu menahu tentang kabar rencana perkawinan Selvi dengan Gibran.

“Kami tahunya malah dari koran. Katanya Mei. Sampai sekarang tidak ada lamaran apa pun. Mungkin semua sudah diurusi keluarganya Pak Jokowi,” tuturnya.

Nama Selvi Ananda juga tak tercatat dalam data base kependudukan di Kelurahan Sumber. Anggota Staf Umum Kelurahan Sumber, Wahyono, sudah memeriksa nama Selvi Ananda dalam data kependudukan.

“Ada enam nama Selvi. Satu di antaranya sudah meninggal dunia. Tapi nama belakangnya bukan Ananda. Jadi tidak ada nama Selvi Ananda di database kami. Nama keluarga Pak Jokowi pun juga tidak ada. Meskipun tinggalnya di wilayah Sumber, belum tentu KTP-nya Sumber,” ujar Wahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tri Rahayu
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper