Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Banyak Orang Tahu Kontrakan Sederhana Ini Dihuni Calon Mantu Jokowi

Tak banyak yang mengira, sebuah rumah sederhana berwarna krem di Jl. Kutai Raya Sumber, Banjarsari, Solo, dihuni calon menantu Presiden Jokowi. Itulah rumah sederhana itu yang dihuni Puteri Solo 2009, Selvi Ananda.
Tri Rahayu
Tri Rahayu - Bisnis.com 09 April 2015  |  06:59 WIB
Rumah tinggal Selvi Ananda, calon menantu Presiden Joko Widodo - Solopos.com
Rumah tinggal Selvi Ananda, calon menantu Presiden Joko Widodo - Solopos.com

Bisnis.com, SOLO-- Tak banyak yang mengira, sebuah rumah sederhana berwarna krem di Jl. Kutai Raya Sumber, Banjarsari, Solo, dihuni calon menantu Presiden Jokowi. Itulah rumah sederhana itu yang dihuni Puteri Solo 2009, Selvi Ananda.

Di rumah kontrakan RT 007/RW 007 Sumber, Banjarsari, Solo, itu, Selvi bersama ayah-ibunya tinggal. Gadis kelahiran 9 Januari 1989 itu akan dipersunting sebagai pendamping hidup Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Jokowi.

Selvi Ananda dan keluarganya tinggal di lingkungan itu lebih dari empat tahun. Rumah Selvi masih satu RW dengan rumah nenek Gibran, yakni Sujiatmi Notomihardjo, yang tinggal di Jl. Pleret Raya No. 9A RT 001/RW 007 Sumber.

Namun, pintu rumah Selvi Ananda hampir selalu tertutup. Gorden kain tebal juga menghiasi di balik kaca jendela. Di samping barat rumah yang menghadap ke selatan itu terdapat jemuran.

Setiap pagi banyak ibu-ibu di kompleks itu berbelanja di warung kecil depan rumah Selvi. Warung itu menyediakan jajanan pasar sampai nasi bungkus. Tukang bakso pun sering mangkal di depan rumah Selvi.

“Ayahnya [Selvi] ada tadi. Diketuk saja!” pinta si tukang bakso. Beberapa kali ketukan terdengar dari pintu depan bercat putih. Tak ada satu pun suara sahutan si pemilik rumah.

Tiba-tiba seorang ibu memberitahu orangtua Selvi ada di mobil Daihatsu Espas silver metalik di samping rumah. Belum sempat Solopos.com, mendekat, seorang laki-laki berkumis mengemudikan mobilnya.

Laki-laki itu tidak lain ayah Selvi. Dia sempat berhenti di depan rumah Ketua RT 007, Margono, beberapa saat. Namun begitu ada wartawan mendekat, ia segera menghidupkan mesin mobil dan menjauh.

“Besok saja, saya lagi ada urusan penting. Sudah-sudah ya!” katanya sembari menancap gas mobil.

Margono tak bisa berkomentar banyak tentang keluarga Selvi Ananda. Dia mengatakan keluarga Selvi mengontrak rumah di RT 007 lebih dari empat tahun. Sebagai Ketua RT 007, Margono tak pernah mendapat identitas keluarga Selvi, baik berupa kartu keluarga (KK) maupun kartu tanda penduduk (KTP). Bahkan, Margono pun tak tahu nama asli orangtua Selvi.

“Saya hanya tahu panggilannya saja. Tapi, enggak etis bila menyebut nama panggilannya. Mereka tidak tercatat sebagai warga RT 007/RW 007. Saya tidak tahu aslinya. Dulu pernah ada keterangan tempat tinggal sebelumnya di Dawung. Saat kumpulan RT pun tak pernah ikut. Maaf saya tidak bisa memberi informasi lebih karena benar-benar tidak tahu,” kata Margono saat ditemui Solopos.com, Selasa (7/4/2015) sore.

Beberapa warga sekitar juga tak mengenal keluarga Selvi. Seorang tetangga terdekat yang enggan disebut namanya mengatakan tidak tahu menahu tentang kabar rencana perkawinan Selvi dengan Gibran.

“Kami tahunya malah dari koran. Katanya Mei. Sampai sekarang tidak ada lamaran apa pun. Mungkin semua sudah diurusi keluarganya Pak Jokowi,” tuturnya.

Nama Selvi Ananda juga tak tercatat dalam data base kependudukan di Kelurahan Sumber. Anggota Staf Umum Kelurahan Sumber, Wahyono, sudah memeriksa nama Selvi Ananda dalam data kependudukan.

“Ada enam nama Selvi. Satu di antaranya sudah meninggal dunia. Tapi nama belakangnya bukan Ananda. Jadi tidak ada nama Selvi Ananda di database kami. Nama keluarga Pak Jokowi pun juga tidak ada. Meskipun tinggalnya di wilayah Sumber, belum tentu KTP-nya Sumber,” ujar Wahyono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Presiden Jokowi Mantu

Sumber : Solopos.com

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top