Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kompolnas Harap Bareskrim Independen Tangani Kasus BG

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan penanganan kasus Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang dilimpahkan dari Kejaksaan Agung ke Badan Reserse Kriminal Polri harus berjalan independen.
Komjen Pol Budi Gunawan (kedua kanan)
Komjen Pol Budi Gunawan (kedua kanan)

Kabar24.com, JAKARTA -- Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan penanganan kasus Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang dilimpahkan dari Kejaksaan Agung ke Badan Reserse Kriminal Polri harus berjalan independen.

"Harus independen," kata Komisioner Kompolnas M Nasser di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Meskipun begitu pihaknya tidak merasa khawatir dengan proses pelimpahan berkasa perkara Komjen Budi Gunawan ke Bareskrim.

Menurut dia bila hasil penyelidikan dan penyidikan ternyata buktinya tidak kuat maka tidak perlu dipaksakan untuk lanjut.

"Kita lihat mekanisme mengawal sama-sama. Kalau hasil penyelidikan dan penyidikan ternyata buktinya tidak kuat kenapa dipaksakan untuk diteruskan," katanya.

Dia mengatakan terkait perkara Komjen Budi Gunawan jangan sampai opini publik menggiring penyidik kepada salah dan tidak salah. Oleh karena itu, dalam proses gelar perkara harus lah independen.

Sementara itu, Bareskrim sendiri mengakui telah menerima berkas perkara Komjen Budi Gunawan dari Kejaksaan Agung pada Kamis pekan lalu.

Menanggapi pelimpahan berkas itu, selanjutnya penyidik Bareskrim akan melakukan gelar perkara dalam waktu dekat untuk perkara Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso menegaskan sejumlah pihak akan dilibatkan dalam gelar perkara berkas kasus Komisaris Jenderal Budi Gunawan agar berjalan dengan transparan.

"Kita akan melibatkan KPK, termasuk team 9, PPATK, Kejaksaan Agung, pengawas internal, dan pakar hukum," kata Buwas saat dikonfirmasi Bisnis melalui pesan singkat, Selasa (7/4/2015).

Kabareskrim mengatakan keterlibatan sejumlah pihak itu diperlukan agar gelar perkara kasus Komjen Budi Gunawan yang kini dilimpahkan ke Bareskrim berjalan transparan.

Selain itu, Komjen Budi Waseso juga ingin membuktikan bahwa proses gelar perkara Komjen Budi Gunawan sesuai dengan fakta.

"Kami ingin semua transparan. Kita ingin nanti tidak ada lagi yang berpendapat tidak sesuai dengan fakta," kata Komjen Budi Waseso yang dikenal dengan sebutan Komjen Buwas ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper