Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL 4 April: Delapan Teleskop Disiapkan di Alun-Alun Kota Bandung

Warga Kota Kembang akan difasilitasi oleh Tim Observatorium Bosscha Lembang Kabupaten Bandung Barat dalam mengamati proses Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu, 4 April 2015.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 April 2015  |  02:39 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - Warga Kota Kembang akan difasilitasi oleh Tim Observatorium Bosscha Lembang Kabupaten Bandung Barat dalam mengamati proses Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu, 4 April 2015.

Tim Bosscha akan menyiapkan 7-8 teleskop di kawasan antara Masjid Raya Jabar dan taman rumput sentetik Taman Alun-Alun Kota Bandung guna mengamati proses gerhana tersebut.

"Kami ingin lebih dekat dengan warga Bandung dan mengenalkan dunia astronomi juga," kata pengamat Observatorium Bossca, Evan Irawan Akbar.

Fenomena astronomi berupa gerhana bulan total tidak terjadi setiap tahun di Indonesia, sehingga menurut Evan, menjadi kesempatan yang baik karena GBT baru akan terjadi lagi pada tahun 2018.

"Sebenarnya pengamatan gerhana bulan total tidak usah menggunakan teleskop di Bosccha, masyarakat bisa mengamatinya di mana saja," katanya.

Ia berharap berharap kegiatan pengamatan yang akan berlangsung dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB itu tidak terganggu cuaca buruk seperti hujan atau awan tebal.

"Gerhana bulan ini sebetulnya bisa diamati menggunakan teleskop yang lebih kecil, tetapi jika hujan atau berawan akan sulit melihatnya".

Dia mengemukakan kegiatan itu juga menjadi media informasi dari Bosscha kepada masyarakat mengenai bahaya polusi cahaya.

Polusi cahaya adalah masalah utama Observatorium Bosscha dalam mengadakan penelitian dan pengamatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : Antara

Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top