Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vietnam Bakal Menjadi Macan Asean?

Vietnam diramalkan akan menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara, merujuk pada sejumlah potensi yang dimiliki negara itu seperti aliran masuk investasi asing dan posisi geografis di jalur pelayaran dunia.

Bisnis.com, HONG KONG – Vietnam diramalkan akan menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara, merujuk pada sejumlah potensi yang dimiliki negara itu seperti aliran masuk investasi asing dan posisi geografis di jalur pelayaran dunia. Akankah negara komunis ini menjadi Macan Asean?

Selain itu, analis Asia Program Carnegie Endowment for International Peace, Vikram Nehru menyampaikan Vietnam juga memiliki kelas menengah yang tumbuh cepat, yang dapat menjadikan Vietnam sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat Asia.

“Vietnam memiliki semua komposisi untuk mendorong pertumbuhan masif jika pemerintah mampu mengendalikan seluruh hambatan,” ungkap Nehru di Hong Kong, Senin (23/3/2015).

Bloomberg mencatat selama 2014 negara itu menjadi eksportir terbesar ke Amerika Serikat di Asia Tenggara. Investasi langsung asing pun menanjak naik seiring masuknya sejumlah korporasi raksasa dunia seperti Samsung Electronics Co dan Intel Corp.

Investasi langsung asing ke Vietnam naik menyentuh rekor tertingginya dalam 14 tahun ke nilai US$12,35 miliar pada 2014, naik 7,4% dari tahun sebelumnya. Adapun, PricewaterhouseCoopers LLP meramalkan Vietnam akan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat dunia dalam tiga dekade mendatang. 

Kantor Statistik Vietnam beberapa waktu lalu melaporkan negara itu tumbuh 6,96% pada kuartal akhir tahun lalu dari periode sama tahun sebelumnya, setelah kuartal sebelumnya tumbuh 6,07%.

Dengan demikian, Vietnam tumbuh 5,98% sepanjang tahun lalu, lebih tinggi dari target pemerintah 5,8%. Padahal, Vietnam sempat menjadi negara yang dililit utang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper