Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, "Wisata Melahirkan" Menjamur di Amerika Serikat

Sedikitnya 20 lokasi di California Selatan yang diduga menjadi tempat "wisata persalinan" dirazia Agen Federal AS. Tempat itu menawarkan layanan perjalanan dan penginapan bagi perempuan asing yang hamil untuk melahirkan di AS.
Wanita hamil/thejoyofpregnancy.com
Wanita hamil/thejoyofpregnancy.com

Kabar24.com, JAKARTA - Sedikitnya 20 lokasi di California Selatan yang diduga menjadi tempat "wisata persalinan/melahirkan" dirazia Agen Federal AS. Tempat itu menawarkan layanan perjalanan dan penginapan bagi perempuan asing yang hamil untuk melahirkan di AS.

Lokasi itu kebanyakan kebanyakan menawarkan layanan kepada perempuan-perempuan dari China yang membayar US$15.000 - US$50.000, tergantung pada layanan yang diberikan, dengan harapan bisa memperoleh kewarganegaraan Amerika Serikat bagi anak-anak mereka.

Lokasi-lokasi yang digeledah termasuk kompleks apartemen dan tempat-tempat lain di Los Angeles, Orange dan San Bernardino yang diduga menampung orang-orang asing tersebut. Demikian pernyataan Lembaga Penegakan Imigrasi dan Cukai AS (Immigration and Customs Enforcement Agency/ICE).

ICE menyatakan tidak ada orang yang ditangkap dalam razia Selasa yang dilaksanakan oleh agen-agen federal dan penegak hukum setempat.

Konstitusi AS memberikan kewarganegaraan bagi anak yang lahir di wilayah AS, tidak memandang kewarganegaraan orangtuanya dan para pakar imigrasi menyatakan pada dasarnya tidak ada yang ilegal mengenai perempuan yang datang dari luar negeri untuk melahirkan di AS.

Tetapi para penyidik berusaha mencari bukti kemungkinan adanya pelanggaran visa dan penggelapan pajak, pencucian uang dan konspirasi, menurut para pejabat imigrasi.

Menurut ICE, perempuan-perempuan yang ditangkap di lokasi-lokasi yang dirazia akan diwawancarai, dan mereka yang teridentifikasi berpotensi menjadi saksi mata akan diperintahkan ke mana dan kapan melapor untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kantor imigrasi menjelaskan bisnis wisata persalinan, yang juga dikenal sebagai "bisnis kelahiran," diyakini telah beroperasi selama beberapa tahun terakhir, menggunakan laman, iklan surat kabar dan sosial media untuk mempromosikan layanan mereka.

Berdasarkan hasil-hasil investigasi terdahulu, perempuan-perempuan yang mendaftar tampaknya membayar tunai untuk perawatan pra-kelahiran dan persalinan bayi-bayi mereka.

Sebagai bagian dari paket itu, para calon pengguna jasa dijanjikan menerima nomor Keamanan Sosial dan paspor Amerika Serikat bagi bayi mereka yakni dokumen yang akan dibawa para ibu ketika mereka kembali ke negaranya.

Ketika anak-anak, yang karena kelahiran menjadi warga negara AS, mencapai masa dewasa, mereka dapat mengajukan visa bagi anggota keluarga yang tinggal di luar negeri.

Paket pelayanan yang lebih mahal meliputi kegiatan rekreasi seperti mengunjungi Disneyland, pusat-pusat perbelanjaan dan bahkan ke arena menembak.

Praktek-praktek tersebut menarik perhatian publik di California dalam beberapa tahun terakhir ketika warga di beberapa kawasan Los Angeles mengeluhkan menjamurnya apa yang mereka katakan hotel-hotel persalinan di lingkungan mereka, menimbulkan masalah sanitasi dan lain-lain. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper