Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisruh Golkar Hambat Koordinasi Pilkada

Internal Partai Golkar merasa kesulitan melakukan koordinasi pilkada dengan daerah menyusul belum tuntasnya konflik Golkar antara kubu Agung Laksono dengan Aburizal Bakrie (Ical).
Partai Golkar/Antara
Partai Golkar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Internal Partai Golkar merasa kesulitan melakukan koordinasi pilkada dengan daerah menyusul belum tuntasnya konflik Golkar antara kubu Agung Laksono dengan Aburizal Bakrie (Ical).

Tantowi Yahya, politikus Golkar sekaligus Wakil Ketua Komisi I DPR, mengatakan Golkar belum berkoordinasi dengan daerah untuk pilkada. “Secara kepartaian belum ada koordinasi,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (24/2/2015).

Hal ini lantaran masih terbelahnya elit Golkar menjadi dua, kubu Agung dan kubu Ical. Meski demikian, lanjutnya, kader-kader di daerah sudah melakukan survei dan pemetaan secara mandiri kepada partai dan mendukung kadernya yang punya elektabilitas baik.

Jadi, belum adanya koordinasi pengurus pusat dan daerah itu tidak akan menjadi masalah yang berarti untuk pilkada. “Untuk suksesi pilkada, Golkar juga akan menjalin koordinasi dengan Koalisi Merah Putih [KMP] yang dibentuk bersama Gerindra, PKS, dan Demokrat,” katanya.

Tantowi, yang juga menjabat sebagai juru bicara KMP menyatakan koalisinya tengah menjajaki kesepakatan untuk memenangkan pilkada langsung serentak gelombang I yang akan dilaksanakan pada Desember 2015. “Nanti pada awal Maret 2015 akan diselenggarakan. Di mana, saya belum tahu.”

Dalam konsolidasi itu, paparnya, KMP akan ‘mengawinkan’ pasangan calon dari internal KMP. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan untuk mengawinkan pasangan calon dari koalisi seberang, Koalisi Indonesia Hebat (KIH). “Tapi alangkah baiknya, anggota KMP dulu lah.” []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper