Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Jateng Tumbuh 5,4%. Apa Saja Faktor Penopangnya?

Perekonomian Jawa Tengah pada 2014 tumbuh 5,4% dibandingkan pada 2013 yang hanya diangka 5,1% yang didorong pada seluruh lapangan usaha.

Bisnis.com,SEMARANG - Perekonomian Jawa Tengah pada 2014 tumbuh 5,4% dibandingkan pada 2013 yang hanya diangka 5,1% yang didorong pada seluruh lapangan usaha.

Dari sisi produksipertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi (13%). Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit (8,6%).

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Syarifuddin Nawie menuturkan ekonomi di wilayah ini pada triwulan IV-2014 tumbuh sebesar 6,2% dibandingkan triwulan IV-2013 (year-on-year) atau meningkat bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,2%.

“Untuk sektor pertanian, kehutanan dan perikanan terjadi kontraksi (pertumbuhan negatif) sebesar 2,9%,” ujarnya, Senin (9/2/2015).

Dia menambahkan ekonomi Jateng pada triwulan IV-2014 mengalami kontraksi 3,0% bila dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q). Dari sisi produksi, hal ini disebabkan oleh efek musiman pada lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang tumbuh minus 29,8%.

Dari sisi pengeluaran disebabkan adanya kontraksi pertumbuhan pada Komponen Konsumsi Rumah Tangga, Konsumsi LNPRT, Ekspor dan Perubahan Inventori.

Informasi dan komunikasi merupakan lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 13% diikuti oleh Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 11,2% dan Jasa Pendidikan sebesar 10,2%.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper