Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO CUACA: Ini Penyebab Hujan Lebat di Jabodetabek

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi seperti yang terjadi sejak Minggu (8/2/2015) malam hingga Senin (9/2/2015) sore masih akan melanda Jakarta hingga beberapa hari ke depan.
Ilustrasi hujan/nationalweatherstation.com
Ilustrasi hujan/nationalweatherstation.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi seperti yang terjadi sejak Minggu (8/2/2015) malam hingga Senin (9/2/2015) sore masih akan melanda Jakarta hingga beberapa hari ke depan.

Perkiraan itu dilihat berdasarkan pertumbuhan awan yang kuat di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek) bagian utara hingga malam nanti.

"‎Pertumbuhan awannya sekarang agak reda. Tapi, nanti malam menjelang pagi akan kuat lagi. Jadi yang perlu diwaspadai  nanti malam, potensinya begitu," ujar P Yunus, Deputi Meterologi BMKG, saat dihubungi, Senin (9/2/2015).

Yunus menjelaskan, ‎penyebab terjadinya curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya karena aliran mata udara (konvergensi) dari laut Cina Selatan menuju ke laut Jawa. Konvergensi udara itu membawa uap air terangkat ke atas yang menjadi konversi berat hingga  membuat pertumbuhan awan kuat.

Menurut Yunus, berdasarkan pantauan pihaknya, konsentrasi awan dengan curah hujan seperti ini hanya melanda wilayah Jabodetabek khususnya di bagian utara.

Khusus di Ibu Kota, curah hujan paling tinggi terjadi di wilayah Jakarta Utara yang mencapai 177 milimeter. "Di kawasan Puncak Bogor, curah hujannya hanya 30 milimeter,"‎ katanya.

Terkait dengan kondisi cuaca ekstrem belakangan ini, Yunus mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan pengumuman tentang ketinggian pintu air dan menghindari jalan-jalan yang banjir serta tergenang.

"Kita minta masyarakat waspada dengan jalan-jalan yang banjir dan tergenang," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper