Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Asal Usul Nama Bidaracina di Jakarta Timur

Bidaracina merupakan sebuah kawasan yang kemudian menjadi kelurahan di kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat ini sekarang bukanlah kawasan permukiman orang-orang Tionghoa, tetapi pada masa lampau punya kisah sejarah terkait kehidupan orang-orang China.
Kampung Bidaracina saat terjadi banjir/dok.
Kampung Bidaracina saat terjadi banjir/dok.

Bisnis.com, JAKARTA--Bidaracina merupakan sebuah kawasan yang kemudian menjadi kelurahan di kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Tempat ini sekarang bukanlah kawasan permukiman orang-orang Tionghoa, tetapi pada masa lampau punya kisah sejarah terkait kehidupan orang-orang China.

Mengenai nama Bidaracina itu Zaenuddin HM, menjelaskan dalam buku karyanya “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012.

Berdasarkan cerita sejarah, nama Bidaracina berasl dari peristiwa pemberontakan orang-orang China terhadap pemerintahn Belanda di Batavia pada 1740.

Dalam peristiwa itu ribuan orang dari mereka tewas dengan jenazah bersimbah darah. Oleh masyarakat setempat peristiwa itu disebut-sebut dengan istilah “tragedi China berdarah.”  Dan kata Bidara diambil dari kata “berdarah”.

Hingga akhirnya menjadi kampung Bidaracina. Padahal peristiwa tersebut terjadinya bukan di sini, melainkan di dekat Kali Angke di Jakarta Utara.

Sedangkan cerita lain menyebutkan Bidaracina berasal dari nama tumbuhan atau pepohonan.

Dahulunya, pada masa kolonial Belanda, di tempat itu orang-orang China menanam pohon Bidara (zyzyphus jujubelam).

Ciri pohon bidara adalah akar dan kulit kayunya terasa pahit, namun bisa dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit, termasuk sesak nafas.

Di ketiak buahnya biasanya timbul gumpalan getah. Buah bidara juga bisa dimakan. Banyak kalangan meyakini inilah asal usul Bidaracina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper